Pelatihan Untuk Penyandang Disabilitas [businessnewsdaily]

Pelatihan Untuk Penyandang Disabilitas

PinkKorset.com, Jakarta – Para penyandang disabilitas di Indonesia masih berada di usia produktif dan membutuhkan pekerjaan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013, penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 4% dan 24 juta diantarannya masih berada di usia produktif yang membutuhkan pekerjaan.

L’Oréal Indonesia berkolaborasi dengan Transmart, Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kepemudaan mengadakan acara berbagi yang bertajuk ‘Beauty For All’.

Acara yang dihadiri 34 anggota Gerkatin Kepemudaan ini dilengkapi kelas pelatihan komunikasi dan percaya diri oleh Transmart, serta sesi pengenalan tata rambut dan tata rias oleh L’Oréal Indonesia.

Gerkatin memiliki program proyek standardisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) untuk pembuatan buku pengantar bahasa isyarat, sebagai pedoman pelatihan penerjermahan bahasa isyarat bagi umum (orang normal pendengar) yang berminat membantu penyandang tunarungu berkomunikasi

“Tujuan utama kami dalam menyelenggarakan acara ini adalah untuk mendorong adanya kolaborasi yang saling menguntungkan antara penyandang disabilitas dengan perusahaan,” ungkap Head of Human Resources Loreal Indonesia, Restu Widiati di Jakarta.

Gerkatin kepemudaan mengenalkan bahasa isyarat kepada perusahaan. Mereka kemudian memberikan pengayaan keterampilan di bidang komunikasi dan kecantikan kepada Gerkatin Kepemudaan.

L’Oréal berharap proses berbagi ini dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang memiliki potensi, bakat dan minat dalam bidang kecantikan.

Di kesempatan yang sama, Programme Officer ILO Tendy Gunawan mengungkapkan, contoh nyata membangun lingkungan yang inklusif tak hanya melalui fasilitas kantor. Namun juga program yang dapat menyiapkan karyawan berkomunikasi dan berinteraksi dengan para penyandang disabilitas.