Pentingnya Protein Bagi Si Kecil [toosmall.org]

Pentingnya Protein Bagi Si Kecil

PinkKorset.com, Jakarta – Dari sekian banyak nutrisi yang dibutuhkan anak, protein merupakan salah satu yang terpenting untuk tumbuh kembangnya.

Sistem pencernaan anak usia 1-3 tahun belum berkembang dengan baik. Kemampuan menyerap nutrisi belum sempurna. Padahal, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh di seribu hari pertama amat menentukan kesehatan jangka panjang.

Pada periode ini, diperlukan sumber nutrisi yang sesuai dengan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh anak seperti ASI. Menginjak usia enam bulan, bayi perlu nutrisi dari asupan lain yang dapat mencukupi kebutuhannya.

Menurut pakar gastroenterologi dan nutrisi Prof. Yvan Vandenplas, diantara berbagai zat nutrisi, protein memiliki peran paling penting dalam tumbuh kembang dan kesehatan.

“Protein mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan untuk tubuh,” tutur Prof. Yvan Vandenplas dalam diskusi bersama Nestle di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Asam amino esensial amat dibutuhkan, namun tak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Senyawa ini memiliki beberapa fungsi diantaranya membantu pertumbuhan normal, memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makanan, serta sebagai sumber energi tubuh.

Asam amino merupakan senyawa organik yang bergabung menjadi protein. Salah satu protein yang berkualitas tinggi adalah protein whey yang dapat diperoleh dari susu.

Susu Nestle NANkid pHPro 3 diklaim mengandung protein whey terhidrolisis parsial berkualitas tinggi. Selain mudah dicerna tubuh si kecil, protein whey dianggap memiliki efek yang paling mendekati ASI.