Perempuan India Kini Bisa Gabung Militer [wsj]

Perempuan India Kini Bisa Gabung Militer

PinkKorset.com, New Delhi – India kini memperbolehkan para perempuan bergabung dalam militer.

Presiden India, Pranab Mukherjee mengatakan, pemerintahannya telah mengizinkan kaum perempuan  untuk bergabung dengan pasukan militer India.

“Di masa depan, pemerintahan saya akan memiliki perempuan  dalam pasukan militer untuk membela negara. Dalam negara kita, ‘shakti’ berbarti kekuatan, yang juga ada pada kaum perempuan . Itu ialah sumber kekuatan kita,”ujarnya.

Mulai Juni 2017, pemerintah India akan membuka pendaftaran bagi kaum perempuan  yang ingin bergabung dengan pasukan militer, khususnya jika ada yang ingin menjadi pilot pesawat tempur.

Hal ini mensinyalkan bahwa pemerintah India akan melakukan perubahan besar dan menerapkan kesetaraan gender dalam profesi yang didominasi oleh kaum adam itu.

Keputusan ini disambut baik sejumlah kelompok pembela hak kaum perempuan  di India. Namun, mereka mengatakan kalau masalah kesetaraan gender di negaranya masih banyak yang belum terselesaikan.

India, salah satu negara dengan pasukan militer terbesar, sebelumnya sempat ragu untuk memulai perubahan besar itu, karena khawatir akan fisik dan psikis perempuan, jika berada di medan perang.

Namun, saat ini sudah banyak negara yang memberi tempat bagi perempuan di militer, seperti Australia, Jerman, Israel dan Amerika Serikat.

India sebenarnya juga sudah merekrut kaum perempuan ke dalam pasukan militer sejak 1992, meski mereka baru dipekerjakan sebagai perawat atau dokter.