Putri Duyung Kocak Ala Stephen Chow

PinkKorset.com – Lama tak terdengar kabarnya, aktor komedi Stephen Chow kembali dan kali ini duduk di bangku sutradara untuk film Mermaids.

Meski berbeda ketimbang film-film sebelumnya, racikan komedi slapstik dan spontan khas Stephen Chow masih terasa di Mermaids. Balutan efek visualnya pun menghibur mata dan tak mengecewakan.

Kisah bermula dari proyek real estate pebisnis playboy Liu Xuan (Chao Deng) yang hendak mereklamasi laut dan mengancam keberadaan putri duyung. Komunitas putri duyung pun berang, merencanakan pembunuhan Xuan.

Shan (Lin Yun), putri duyung yang terlatih yang bisa berjalan dengan siripnya dan membaur diantara manusia, ditugaskan menghentikan Xuan. Ia menyamar sebagai dancer di pesta Xuan dan sukses mendekati lelaki itu.

Merasa Xuan terpikat, Shan berusaha membunuhnya. Tapi upayanya terus gagal. Mereka malah menghabiskan waktu bersama dan mulai muncul perasaan suka.

Hingga satu saat, Xuan akhirnya tahu jati diri Shan sebenarnya dan apa tujuannya selama ini. Lalu bagaimana kisah selanjutnya? Sampai sini, ending dari kisah ini memang bisa ditebak.

Namun yang membuatnya beda, Mermaids tampaknya digarap Stephen Chow dengan teliti. Tak banyak film mengenai putri duyung yang digarap maksimal. Namun The Mermaid diangkat secara bermutu dan mengocok perut.

Humor yang disajikan terasa alami dan tak dibuat-buat. Tampak sekali pengalaman Stephen Chow di akting para pemerannya. Selain menyutradari dan menulis naskahnya, Chow terlibat aktif saat mengarahkan adegan demi adegan.

Lin Yun tampaknya akan menjadi bintang baru. Chow memang cukup jago mengorbitkan artis seperti Karen Mok, Cecilia Cheung, dan Vicky Zhao. Aktor senior Chao Deng mampu membawakan tokoh Liu Xuan dengan baik.

Film berbujet US$60 juta ini, di pasar domestik Tiongkok, mampu menembus angka pendapatan tiga miliar yuan. Di seluruh dunia, perolehannya mencapai US$445 juta! Jumlah yang cukup besar, hanya kalah oleh Deadpool.

The Mermaid

Sutradara: Stephen Chow

Produser: Stephen Chow, Y.Y. Kong, Le Peikang, Yang Wei, Wang Changtian, Yang Zhenhua, Cao Pu, Liu Yang, Wei Jie, Cai Dongqing

Skenario: Stephen Chow, Kelvin Lee, Ho Miu-kei, Lu Zhengyu, Fung, Chih-chiang, Ivy Kong, Chan Hing-ka, Tsang Kan-cehung

Pemeran: Deng Chao, Show Luo, Zhang Yuqi, Lin Yun

Produksi: China Film Group, Edko Films, The Star Overseas, Hehe (Shanghai) Pictures Co. Ltd., Beijing Enlight Pictures, Shanghai New Culture Media Group Co. Ltd., Alibaba Pictures Group Limited, Shanghai Tianshi Media Co. Ltd., BinGo Group Co. Ltd.

Distribusi: Beijing Enlight Pictures, China Film Group Corporation