Siapa Bilang Akuntan Pekerjaan Membosankan?

PinkKorset.com – Siapa bilang akuntan adalah pekerjaan sederhana yang kadang membosankan? The Accountant mengangkat seseorang dengan profesi ini dan menjalani hidup penuh liku.

Sejak kecil, kehidupan Christian Wolff (Ben Affleck) tidak pernah sederhana. Ia dan kakaknya memiliki autisme dan mereka dibesarkan di keluarga militer. Sang ayah mengajari bela diri agar keduanya tidak mengalami bully. Kemampuan ini kelak berguna bagi Wolff dalam profesinya sebagai akuntan.

Christian Wolff sebenarnya hanya nama samaran yang ia pilih, diambil dari ahli matematika Jerman pada abad ke-17. Identitas tersembunyi ini diperlukan karena ia bekerja sampingan sebagai akuntan lepasan (freelance) di berbagai organisasi kriminal kelas kakap dan berbahaya.

Keberadaan Wolff mengusik divisi penanggulangan kejahatan di Kementerian Keuangan AS yang dipimpin Ray King (J.K. Simmons). King bersama Marybeth Medina (Cynthia Addai Robinson) berusaha menelusuri semua data kejahatan yang merujuk ke nama Christian Wolff.

Sementara di perkerjaan resminya, Wolff menemukan kejanggalan keuangan yang memicu serangkaian skandal. Ia dibantu akuntan perusahaan tersebut, Dana Cummings (Anna Kendrick). Keduanya terpaksa melarikan diri bersama karena dikejar oleh King dan timnya.

Plot film ini digarap dengan sangat apik oleh sutradara Gavin O’Connor yang berpengalaman menggarap Pride and Glory (2008) dan Warrior (2011). Kisahnya cukup sulit ditebak karena struktur cerita digarap dengan rapi meski ada adegan kilas balik masa kecil Wolff yang pernah tinggal di Jakarta.

Ben Affleck memerankan Christian Wolff dengan baik, dengan kemampuan beladiri yang memukau. JK Simmons dan Jon Bernthal memerankan karakter mereka dengan memuaskan, meski tak muncul sesering Affleck. Sayangnya, justru Anna Kendrick kurang diekspos secara maksimal.

Setelah beberapa kali terjebak dalam film-film kelas B, Affleck belakangan ini selektif memilih peran. Tak heran proyek-proyeknya kini selalu bertengger di box office. Sebelum muncul sebagai Bruce Wayne si Batman, film Gone Girl (2014) yang ia perankan juga cukup sukses di box office dunia.

The Accountant

Sutradara: Gavin O’Connor

Produser: Lynette Howell Taylor, Mark Williams

Skenario: Bill Dubuque

Pemeran: Ben Affleck, Anna Kendrick, J.K. Simmons, Jon Bernthal, Jeffrey Tambor, John Lithgow

Produksi: Electric City Entertainment, Advanced Underwriting Concepts, RatPac Entertainment, Zero Gravity

Distribusi: Warner Bros. Pictures