Segudang Manfaat Kesehatan dari Avokad [tonica]

Segudang Manfaat Kesehatan dari Avokad

PinkKorset.com, Jakarta – Buah hijau kekuningan nan lembut ini tak hanya nikmat tetapi juga baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Hampir semua orang Indonesia pernah menyantap avokad, terutama dikonsumsi sebagai jus. Teksturnya yang lembut menjadi alasan buah asal Meksiko ini digemari banyak orang dari beragam umur. Tidak hanya lezat diolah menjadi berbagai makanan maupun minuman, avokad juga bermanfaat untuk kesehatan.

Sahabat jantung

Avokad ternyata salah satu makanan yang ramah untuk kesehatan jantung. Dalam 28 gram alpukat terkandung 25 miligram plant sterol alami (beta-sitosterol). Senyawa ini dapat mengendalikan tingkat kolesterol tubuh sehingga kesehatan pembuluh darah jantung terjaga.

Pelindung mata

Buah berkulit halus ini memiliki dua senyawa fitokimia (phytochemicals) yakni lutein dan zeaxanthin yang memberikan efek antioksidan pada jaringan mata. Sehingga mata Anda terlindung dari bahaya radiasi sinar UV matahari. Kandungan beta-caroten avokad juga menurunkan risiko penurunan ketajaman penglihatan (macular degeneration)

Teman diet

Kandugan asam lemak tak jenuh alpukat ampuh menurunkan kolesterol jahat, low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik, high-density lipoprotein (HDL). Alhasil berat badan Anda terkendali, termasuk mengurangi lemak perut. Sebanyak 100 gr avokad mengandung 160 kalori dan total lemak 14,6 gram yang memberikan efek kenyang lebih lama tanpa menimbun kalori berlebih.

Turunkan risiko osteoporosis

Separuh avokad memberikan kecukupan vitamin K harian tubuh. Vitamin K bersama kalsium dan vitamin D melindungi kesehatan tulang. Vitamin K membantu penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran (sekresi) kalsium melalui urin.

Menjauhkan kanker

Kandungan asam folat avokad yang tinggi mencegah kanker usus, lambung, pankreas, serviks serta payudara. Peneliti meyakini asam folat melindungi DNA dan RNA dari kemungkinan mutasi gen saat pembelahan sel.

Cegah bayi lahir cacat

Satu buah avokad mengandung 162,8 mikrogram asam folat. Senyawa ini mencegah bayi lahir cacat, seperti cacat tabung saraf (neural tube), tulang belakang bayi tidak sempurna (spina bifida) dan otak tidak berkembang (anancephaly). Kebutuhan asam folat pada ibu hamil berkisar 400 – 800 mikrogram per hari.

Turunkan depresi

Lagi-lagi buah kaya asam folat ini dapat membuat Anda lebih bahagia. Kandungan asam folat avokad melindungi tubuh membentuk homocysteine, salah satu jenis asam amino yang menganggu sirkulasi darah mengantar nutrisi ke otak. Kelebihan homocysteine ternyata menekan produksi hormon pemicu rasa senang (serotonin, dopamine dan norepinephrine)

Menjaga kesehatan pencernaan

Sebanyak 6-7 gram serat terkandung dalam separuh avokad. Konsumsi serat alami mencegah Anda kesulitan BAB (constipation) dan mencegah kanker usus besar (colon cancer). Serat juga melancarkan pembuangan racun secara alami yang terkandung dalam empedu dan tinja.

Menjauhkan penyakit kronik

Menurut Department of Internal Medicine and Nutritional Sciences Program, University of Kentuck, asupan serat yang tinggi terkait penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas dan penyakit pencernaan.

Avocado juga banyak mengandung nutrisi yang dibutukan tubuh seperti omega 3, vitamin C, E, K dan B6 seperti riboflavin, niacin, folate, pantothenic acid, magnesium dan potassium.