Sulit Menabung? Tidak Juga [PinkKorset]

Sulit Menabung? Tidak Juga

PinkKorset, Jakarta – Menabung merupakan kegiatan sederhana yang memberi banyak manfaat. Namun sebagian orang sulit untuk melakukannya.

Menabung termasuk tindakan klise yang penting. Memiliki uang simpanan, membuat Anda bisa menghadapi berbagai risiko yang muncul di kemudian hari. Risiko yang terjadi bisa seperti kecelakaan, terserang penyakit kritis, kehilangan pekerjaan secara mendadak dan lainnya.

Risiko bisa dikelola dengan empat cara. Hindari risiko yang sering terjadi, asuransikan  risiko yang sekali terjadi namun berdampak besar, lakukan pencegahan bagi risiko dengan dampak kecil, hadapi risiko yang kecil dan jarang terjadi.

Setelah mengetahui tentang risiko hidup dan cara mengelolanya, menabung jadi terlihat jelas tujuannya,” tutur Perencana Keuangan Teriyani Wibisana ¬†di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Menurutnya, ada lima langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk bisa menabung. Apa saja?

1. Buat tabungan
Jangan menunggu akhir bulan untuk mulai menabung. Tapi sisihkan dahulu uang tabungan di tempat yang aman sebelum dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Hemat listrik
Dengan menghemat energi listrik, maka pembayaran tagihan listrik menjadi lebih murah.

3. Jangan bawa kartu kredit saat belanja
Bawa uang secukupnya sesuai kebutuhan dan jangan membiasakan diri membayar hal-hal yang sebenarnya tidak memerlukan kartu kredit.

4. Bawa bekal
Masak dan membawa bekal dari rumah untuk makan siang dan air minum akan memotong biaya jajan di luar.

5. Tahan update gadget
Pertimbangkan kembali untuk membeli ponsel atau barang elektronik terbaru lainnya.