Tak Perlu Bersihkan Puting Sebelum Beri ASI? [Miranda Kerr menyusui bayinya]

Tak Perlu Bersihkan Puting Sebelum Beri ASI?

PinkKorset.com, Jakarta – Apakah Anda termasuk ibu yang selalu membersihkan puting payudara sebelum memberikan ASI ke bayi?

Kepala Divisi Uroginekologi RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, dr. Harry Parathon, Sp.OG(K) mengatakan, membersihkan puting payudara sebelum menyusui akan melemahkan imunitas sang bayi.

Menurutnya, area puting payudara itu asam karena terdapat bakteri pada kulit, yakni Staphylococcus. Namun, Staphylococcus aman dikonsumsi bayi untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap bakteri ini.

“Membersihkan puting sebelum meneteki anak itu salah. Tidak perlu itu,” katanya saat Pfizer Press Circle bertajuk Pentingnya Kepatuhan Penggunaan Antibiotik di Jakarta, Kamis (21/2/2016).

Ia memberikan contoh anak kucing dan induknya. Sang induk menjilati anaknya yang baru lahir untuk memakan bakteri. Tubuh induk kucing membentuk antibodi bakteri dan mengalir di susunya. Anak kucing yang menyusu pada induknya otomatis mendapat antibodi.

Lebih lanjut, dr. Harry menyarankan busui (ibu menyusui) tidak mengonsumi makanan terlalu steril. Meskipun demikian, bukan berarti harus makan makanan kotor. “Yang terpenting makanan mengandung bakteri normal. Misalkan pada susu atau yogurt,” tutupnya.