Tanda-Tanda Anak Jenius

PinkKorset.com – Semua orangtua pasti berpikir anaknya cerdas. Tapi apakah ia secerdas Albert Einstein?

Rasa penasaran dan kemauan untuk mengeksplorasi hal-hal baru adalah beberapa sifat alami anak. Tapi tahukah Anda ada tanda-tanda yang menunjukkan si kecil adalah jenius seperti Einstein? Berikut beberapa ciri yang dipaparkan Mensa dan Psychology Today.

Bicara lebih awal. Ia melontarkan kata-kata utuh atau bahkan kalimat lengkap ketika usianya belum setahun. Kemampuan kosakatanya berkembang seiring ia belajar jalan. Anda membesarkan anak yang harus diajak berinteraksi secara intelektual. Kembangkan kemampuannya secara tepat, baik secara edukasi maupun sosial.

Memori fotografi (photographic/eiditic memory). Si kecil mengingat setiap detil dan orang yang pernah ia lihat. Ia bisa menunjukkan jalan pulang meski jauh dari rumah. Bahkan, ia bisa mengingat detil sebuah acara dengan baik. Ingatan yang amat baik adalah pertanda jenius.

Cepat membaca. Ia membaca dengan mudah saat berusia dua tahun atau bahkan lebih muda. Membaca lebih awal biasanya berarti ia akan memilih buku yang lebih ‘canggih’. Kebiasaan ini akan berlanjut hingga usia sekolah. Ia akan terus tertantang dengan segala macam bacaan dan menjadikannya sebuah skill yang tajam.

Jago main musik (musical prodigy). Begitu ia bisa mengenali nada sebelum bisa berjalan, bukan tak mungkin si kecil akan menyusun sonatanya sendiri. Kenalkan instrumen musik sejak dini, sehingga ia bisa mengawali skill bermusiknya lebih awal.

Terus bertanya. Satu pertanyaan takkan memuaskan rasa penasaran. Bersabarlah menghadapi hal ini karena ia akan terus bertanya. Kemungkinan besar, guru di sekolah juga akan lelah meladeninya. Mereka yang terus bertanya akan menjadi penemu dan pencipta ulung. Ia akan mengubah dunia.

Koordinasi mata-tangan luar biasa. Ia mewarnai dengan rapi atau menulis namanya sendiri sejak usia dua tahun. Di usianya yang ketiga, ia sudah jago main lempar-tangkap bola. Koordinasi mata-tangan akan membuatnya lebih mudah menguasai berbagai bahasa. Akurasi macam ini kelak akan bermanfaat baginya.

Terobsesi dengan sebuah topik. Mungkin juga sebuah aktivitas. Di usianya yang ketiga, ia hapal semua nama dinosaurus dan bisa menyebutkannya dengan baik. Level penyerapan ekstrem macam ini amat fenomenal. Ia cenderung mengejar bidang yang ia suka dan sukses di dalamnya.

Mengerti kondisi saat ini. Anda akan terkejut saat ia ternyata mengikuti berita seputar kejadian terkini, baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, si kecil mungkin lebih mengerti mengenai pemanasan global ketimbang Anda. Biarkan ia mengeksplorasi pengetahuan itu.

Mengembangkan aturan baru. Ketika bermain Monopoly, ia akan menciptakan aturan baru sebagai tambahan aturan yang lama dan kemungkinan besar membuat permainannya lebih sulit. Si jenius cilik suka mencari tantangan.

Komplikasi tak terduga. IQ super tinggi biasanya terkait dengan sejumlah kelainan mood, alergi parah, autisme, dan Asperger’s syndrome. Si kecil yang brilian mungkin memiliki tingkat emosi yang intens dan sulit dikendalikan. Orangtua amat berperan dalam hal ini. Bersabarlah, ia anak yang spesial.