Tetap Cantik di Bawah Sinar Matahari [magic4walls]

Tetap Cantik di Bawah Sinar Matahari

PinkKorset.com, Jakarta – Meskipun matahari bersinar terik, Anda dapat tetap cantik dengan make up favorit. 

Caranya ternyata tidak sulit.

Cukup padukan tabir surya dengan make up Anda. Selain wajah terlihat lebih cerah, kombinasi ini akan mengurangi pigmentasi kulit serta bahaya radiasi ultraviolet matahari.

Sebelum mengaplikasikannya, kenali dulu empat tahapan memadukan tabir surya dengan make up.

Pertama, bersihkan wajah. Tahap pembersihan wajah meliputi penggunaan cleanser, facial wash, toner, serum dan moisturizer. Wajah yang sudah dibersihkan, diberikan nutrisi dan dilembabkan.

Kedua, penggunaan tabir suryaAnda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF dan PF berkadar tinggi agar tahan lama.

Ketigaprime make up. Usai tabir surya meresap ke dalam pori-pori wajah. Anda dapat menggunakan make up primer. Setelah itu, lanjutkan ke tahap terakhir.

Keempat, aplikasi foundation atau bedak (powder). 

 

Dermatologis Klinik Bamed Skin Care, Dharmawangsa Square dr. Mardiati Ganjardani SpKK menjelaskan, matahari memancarkan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit . Seperti halnya UVA dapat menyebabkan penuaan pada kulit, UVB bisa menyebabkan kulit memerah dan terbakar.

“Penggunaan tabir surya ini sangat penting dan setiap perempuan harus menggunakannya sebelum beraktivitas, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan,”ujarnya.

Namun, tabir surya hanya bertahan hingga enam jam. Setelah itu, harus dipulas kembali dari awal. Ia pun menyarankan untuk membersihkan wajah bila ingin mengulang penggunaan sunscreen pada wajah bermake-up. “Bersihkan wajah dan lakukan dari awal. Kalau langsung ditimpa (sunscreen) bisa timbulkan komedo dan jerawat,” katanya.

Untuk membersihkan wajah dari make up, Anda perlu melakukan rutinitas berikut. Seluruh riasan wajah harus diangkat dengan cleanser menggunakan kapas maupun tisu wajah. Kemudian sisa riasan dibersihkan menyeluruh dengan facial wash.

Untuk menyegarkan wajah sekaligus mengecilkan pori-pori dapat menggunakan face toner. Selanjutnya Anda dapat menggunakan pre-serum, serum dan moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit wajah.