Tetapkan Tujuan dan Berjuang Meraihnya [actingclassforfilm]

Tetapkan Tujuan dan Berjuang Meraihnya

PinkKorset.com, Jakarta – Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Namun, untuk meraihnya kadang tak mudah dan perlu perjuangan.

Sukses memiliki definisi berbeda dari sudut pandang setiap orang. Namun, berbicara tentang sukses tidak dapat dipisahkan dengan tujuan.

Menurut Independent Trainer, Rum Martani, ketika seseorang tidak memiliki tujuan maka dia seperti berada dalam lingkaran yang terus berputar. Sebab itulah penting bagi setiap orang untuk memiliki tujuan.

“Memiliki tujuan membuat otak mengarah pada tujuan tersebut hingga kita punya tindakan yang baik untuk mencapainya,” ungkapnya dalam Seminar Mental Detoxification di Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Untuk menetapkan tujuan dibutuhkan beberapa cara agar tercapai. Salah satunya dengan SMART. Yakni specific, measurable, attainable, relevant, serta time-bound.

Tujuan harus spesifik dan direncanakan seperti halnya merencanakan berlibur hingga sampai ke tempat tujuan. Selain itu, tujuan juga harus measurable atau dapat diukur.

Tujuan harus attanaible atau realistis sehingga dapat dicapai dan relevant atau sesuai. Kemudian time-bond atau memiliki batasan waktu untuk dapat mencapainya.

Tujuan dapat dicapai dengan kebiasaan baik, memiliki tindakan untuk mencapainya, peka dan fleksibel terhadap kesalahan serta memilih sebuah kondisi yang berdaya positif.