Tiga Hal Penting Dalam Bisnis Online [indianonlineseller]

Tiga Hal Penting Dalam Bisnis Online

PinkKorset.com – Terjun di bisnis online tak semudah itu. Ada tiga hal yang harus Anda kuasai jika ingin memulainya.

terjun di bisnis online berarti Anda harus punya kemampuan menjadi founder. Hal tersebut diungkapkan Managing Partner Ideosurce VC & Board of Bhinneka.com, Andi S. Boediman.

Menurutnya, kemampuan itu menjadi nilai utama yang menentukan sukses tidaknya bisnis yang dijalani pemula.

Andi menyampaikan perlunya tiga hal yang bisa menjadi ukuran apakah seseorang layak disebut sebagai founder atau tidak. Yakni hacker, hipster, dan hustler.

“Tiga kriteria ini wajib dimiliki founder yang ingin sukses berbisnis online,” kata Andi dalam siaran pers.

Hacker adalah kemampuan membangun teknologi dengan seluruh infrastruktur pendukungnya. Bisnis online sangat bergantung pada teknologi informasi. Pengetahuan mendalam di bidang ini akan menentukan masa depan bisnis yang dibangun.

Hipster adalah kemampuan membuat produk inovatif, kreatif, serta solutif. Kemampuan hipster akan semakin baik bila produk yang diciptakan masuk ke pasar yang belum banyak pemainnya (niche market) atau memiliki karakteristik unik.

Adapun hustler adalah kemampuan membangun bisnis dengan menjual karakter hipster di atas. Menurut Andi, kemampuan ini paling penting. “Kita harus berani ‘ketok pintu’ kesana-kemari menawarkan produk bisnis atau ide kita,” ia menerangkan.

Saat ini, di dunia bisnis online kita mengenal modal ventura atau ventura capital, yaitu investasi berbentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam perusahaan rekanan berjangka waktu tertentu.

Modal tersebut berbentuk tunai dan ditukar dalam bentuk saham perusahaan dari perusahaan rekanan.

Andi menyatakan bahwa seseorang atau kelompok orang yang menguasai ketiga karakter di atas dengan kuat, memiliki kemungkinan yang besar untuk mudah mendapatkan modal ventura ini.