Tips Aman Kencan Online [hufpost]

Tips Aman Kencan Online

PinkKorset.com, Jakarta – Padatnya rutinitas kerja dan keterbatasan waktu, membuat hal-hal yang serba online kian marak. Tidak hanya belanja, namun juga urusan mencari jodoh.

Mencari kekasih melalui situs kencan online sebenarnya sah-sah saja. Namun, sebelum memulainya, kenali dulu cara yang aman. Pasalnya, ada banyak bahaya penipuan dan tindak kriminalitas yang mengintai di balik situs kencan online.

CEO biro jodoh online Setipe.com Razi Thalib mengatakan, ada tiga keamanan yang perlu diperhatikan sebelum mencari jodoh via situs online. Yakni, saat membuat akun, saat berkenalan di dunia maya dan saat kopi darat.

Sebagai langkah awal, carilah situs kencan yang kredibel. Anda bisa minta rekomendasi dari teman dekat atau saudara yang pernah menggunakan situs kencan.

Perhatikan juga informasi ‘tentang kami’ untuk mengetahui pengelola situs tersebut. “Paling penting, klik ‘tentang kami’. Informasi tentang pendiri dan kantor, jadi jelas siapa di belakang situs,”ujarnya dalam peluncuran situs edukasi onlinedatingaman.org, di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Lalu, jaga identitas pribadi. Jangan publikasikan info pribadi di profil, seperti nama lengkap, tempat kerja atau rumah, apalagi kontak pribadi. “Yang penting bukan info pribadi, tapi perspektif atau ketertarikan kita terhadap sesuatu, hobi misalnya. It’s about us, but not about location,” katanya.

Anda juga perlu menjaga password. Razi mengingatkan untuk berhati-hati saat mengakses akun lewat komputer atau gadget yang dipakai bersama. Selalu logout setelah selesai.

Berkenalan di dunia maya