Tradisi Jawa Klasik pada Koleksi Era Soekamto

PinkKorset.com, Jakarta – Filosofi Jawa membawa desainer Era Soekamto tampil di pagelaran busana kali ini.

Bau dupa menyerbak harum ketika memasuki ruangan yang telah ditata rapi dengan furnitur antik, abdi dalem, bunga melati. Suasana show seperti terlempar ke masa silam bak keluarga Jawa tempo dulu.

Terinspirasi dari pupuh dan macapatan Jawa yang berkisah tentang kekuatan perempuan Jawa di balik kelembutannya, sebanyak 20 busana dalam koleksi Era Soekamto Couture 2017 tampil dengan penataan ala keraton Jawa di White Cube, The Hall, Senayan City (8/11/2016).

Asmaradhana adalah ungkapan rasa cinta kepada perempuan Jawa yang menitikberatkan pada kekuatan api cinta, nasehat para Raja kepada perempuan Jawa tentang pemahaman terhadap budaya, kedekatan dengan Sang Maha Esa, kecantikan yang timbul dari dalam diri, kelembutan sikap, tutur kata sekaligus kekuatan.

Sentuhan Jawa Klasik ini muncul dalam prada emas dan teknik canting serta kuas di atas material silk organza. Tetap dengan motif Iwan Tirta Private Collection-nya yang menjadi medianya dalam berkarya.

Detil dekor, siluet kebaya nasional bernuansa modern yang memang merupakan ciri khasnya tetap dipertahankan. Dominasi putih dan emas dalam motif batik kuno terlihat feminin, namun tetap elegan dan anggun.