Waspada Kanker Pankreas Sejak Dini [medscape]

Waspada Kanker Pankreas Sejak Dini

PinkKorset.com, Jakarta – Kanker pankreas  belum banyak dikenal masyarakat. Namun, dari pengidapnya, tidak banyak yang bisa disembuhkan.

Kanker pankreas adalah penyebab kematian akibat kanker terbesar ke-4 di Amerika. Sementara di Singapura, terjadi peningkatan kanker pankreas selama 40 tahun terakhir.. Dari 2003- 2007, terdapat 1000 kasus dengan diagnosa kanker pankreas. Sementara dari 100 orang pengidap kanker pankreas, hanya 6-7 orang yang dapat disembuhkan.

Pankreas adalah organ yang terletak di belakang bagian bawah lambung. Di dalam pankreas, sel eksokrin pankreas menghasilkan cairan pencernaan, sedangkan sel endokrin pankreas menghasilkan hormon insulin danglukagon, yang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.

Kanker pankreas merupakan penyakit dimana sel yang bersifat kanker terbentuk di dalam pankreas. Pada umumnya kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin.

Hingga kini, penyebab kanker ini masih belum pasti. Namun, orang-orang dengan faktor risiko tertentu memiliki kemungkinan besar untuk terkena kanker pankreas.

Dr. Cheah Yee Lee, spesialis transplantasi liver dan operasi hepatopancreatobiliary mengatakan, perokok memiliki 2-3 kali risiko lebih besar untuk terkena kanker ini.

Sedangkan risiko lain munculnya kanker ini adalah faktor genetik, penderita diabetes, peradangan pankreas dalam jangka lama dan obesitas.

“Rata-rata penyakit ini menyerang usia 55 tahun ke atas, namun tak menutup kemungkinan usia muda,”ujarnya dalam kampanye ‘Operasi Kuning’ di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Gejala kanker pankreas

Gejala yang timbul sangatlah samar dan penderitanya seringkali terdiagnosa pada stadium lanjut. “Hilangnya berat badan bisa dikatakan merupakan gejala paling awal disusul rasa sakit pada bagian perut atas atau tengah,” ungkapnya.

Gejala lain yang mungkin timbul adalah gangguan pencernaan, merasa kembung dan gerakan usus yang berminyak dapat terjadi bila pertumbuhan kanker menghalangi saluran pankreas sehingga enzim pencernaan tidak dapat disalurkan ke dalam saluran usus.

Selain itu, sakit kuning bisa jadi peringatan adanya tumor yang menghalangi saluran empedu. Feses seperti tanah liat berwarna abu-abu dan air seni yang gelap juga menandakan gejala yang serius.

“Sangat penting bagi pasien untuk mencari pertolongan medis ketika mengalami gejala yang tidak biasa. Dengan bantuan ahli medis, pasien dapat mendeteksi penyakit secara lebih awal,” jelasnya.