Wow, Aplikasi Ini Bisa Terjemahkan Tangisan Bayi [google]

Wow, Aplikasi Ini Bisa Terjemahkan Tangisan Bayi

PinkKorset.com – Logika dan naluri biasanya membantu orang dewasa untuk menerjemahkan tangisan bayi. Namun kini, ada teknologi yang bisa membantu Anda melakukannya.

Sebuah aplikasi untuk menerjemahkan suara tangisan bayi baru-baru ini telah dikembangkan oleh peneliti dari Taiwan. Aplikasi bernama Infant Cries Translator ini dikembangkan Universitas National Taiwan Yunlin.

Teknologi ini bisa membedakan empat suara menangis yang terpisah. Pengguna tinggal merekam suara bayi dan membandingkan suara tangisan tersebut dengan database yang luas.

Lebih dari dua tahun, para peneliti mengambil sampel 200 ribu suara tangisan bayi baru lahir dan mengunggahnya ke database secara online. Mereka merekam suara tangisan setiap bayi selama 15 detik.

Analisa frekuensi suara tangisan dipimpin oleh Chang Chuan-yu dan Dr. Chen Si-da. Para peneliti mengklaim akurasi aplikasi ini mencapai 92% untuk bayi berusia di bawah dua minggu.

“Kami sudah mendapatkan banyak masukan dari pengguna mengenai aplikasi ini,” kata Chuan-yu.

Orangtua si bayi akan mendapatkan informasi apakah bayi mereka lapar, mengantuk, sakit atau sedang merasa tak nyaman karena popok perlu diganti. Satu kelemahan aplikasi ini, analisanya semakin tak kuat saat si bayi bertambah usia.

Aplikasi Infant Cries Translator sudah bisa diunduh di App Store sejak awal 2015 dan dibanderol seharga US$2.99 atau sekitar Rp30 ribu.