YKI Luncurkan Iklan Peduli Kanker Payudara

PinkKorset.com, Jakarta – Kasus kematian akibat kanker payudara kian meningkat di Indonesia. Sayangnya, kesadaran masyarakat masih rendah dalam menanggapinya.

Data Riset Kesehatan Dasar 2013 mengungkapan prevalensi kanker di Indonesia 1,4 dari 1000 penduduk dan meningkat menjadi 21,5 dari 1000 pada kasus baru. Selain itu, mayoritas kanker payudara di Indonesia ditemukan pada stadium lanjut ketika peluang mencapai kesembuhan mengecil.

Peluang pasien kanker payudara dapat mencapai kesembuhan sekitar 90% bila terdeteksi dini dan diobati secara medis. Berangkat dari hal tersebut, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) meluncurkan iklan layanan masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa kanker payudara dapat disembuhkan, namun dengan deteksi dini,” Tutur Ketua YKPI, Linda Agum Gumelar dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Jakarta.

Berdurasi satu menit, iklan ini dibuat secara sukarela oleh RK 23 Pictures. Video kampanye ini melibatkan beberapa selebriti, seperti Reza Rahardian, Mike Lewis, Sarah Sechan, Daniel Mananta, Farah Quinn, Didiet Maulana, Andien, serta Raline Shah.

Iklan ini akan tayang selama satu bulan di bioskop XXI Indonesia selama Oktober 2016 dengan tema ‘Saling Jaga, Saling Peduli’. Kampanye tersebut merupakan bagian dari visi dan misi YKPI untuk Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030.

Selain peluncuran iklan, YKPI dan PT 21 Cinema dan RK 23 Pictures juga menggelar acara nonton bareng film Warkop DKI: Reborn bersama para penyintas kanker payudara. Hal tersebut guna memberikan semangat positif sekaligus menghibur terutama bagi para penderita yang masih berjuang.