Yuk, Antar Anak Sekolah di Hari Pertama [PinkKorset]

Yuk, Antar Anak Sekolah di Hari Pertama

PinkKorset.com, Jakarta – Beberapa hari lagi libur sekolah berakhir. Saatnya orangtua bersiap meluangkan waktu mengantar anak ke sekolah.

Sebagian besar sekolah di Indonesia mulai aktif belajar pada Senin, 18 Juli 2016. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyarankan para orangtua meluangkan waktu mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama sekolah agar terjalin interaksi dan kemitraan dengan institusi pendidikan (sekolah).

Menurut Anies, selama ini banyak masalah yang muncul akibat tidak ada komunikasi antara sekolah dan orangtua.

“Kami ingin orang tua datang ke sekolah dengan rasa kepercayaan. Yang ingin kita bangun adalah membangun kolaborasi dalam pendidikan,” katanya seperti dilansir kemendikbud.go.id di Jakarta, Senin (11/7/2016).

Anies menganggap dengan adanya kepercayaan antara kedua institusi pendidikan ini, orangtua dan guru tidak perlu membuat surat perjanjian. Sehingga siswa tak perlu melapor bila diberi hukuman.

“Ini (tentang) kita mendidik anak. Dalam mendidik anak ada pakemnya, ada kaidahnya, ada normanya, termasuk prinsip-prinsip dalam pendidikan,” ucapnya.

Mengantar anak ke sekolah bukan hanya sekadar menemani anak sampai gerbang, tetapi juga membangun beragam interaksi.

Anak dan orangtua dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berkenalan dengan warga sekitar sekolah, saling menyapa di gerbang sekolah, melihat sekolah bersama-sama, menyapa guru-guru di sekolah, berkenalan dengan orangtua murid lainnya, berinteraksi dengan wali kelas, melihat fasilitas sekolah dan berbagi ide serta inisiatif untuk kemajuan sekolah.

Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Mendikbud Anies Baswedan berikut ini.

sk-mendikbud-2016