Mata Cermin Orientasi Seksual [qefes]

Mata Cermin Orientasi Seksual

PinkKorset.com – Kendati sulit menebak orientasi seksual teman Anda penyuka lawan jenis atau sesama jenis. Namun, mata dapat memberikan jawabannya.

Studi Cornell University, AS menemukan, pelebaran pupil merupakan indikator akurat orientasi seksual. Hal ini diketahui melalui respon libido saat orang melihat gambar erotis.

Misalnya saja pada laki-laki. Pupil mata mereka melebar ketika melihat gambar perempuan erotis. Hal ini menandakan mereka terangsang pada perempuan dan mengindikasikan menyukai lawan jenis.

Bila pupil mata mereka membesar usai melihat foto laki-laki erotis berarti menyukai sesama jenis. Sementara laki-laki biseksual akan merespon keduanya.

Namun indikator ini sulit diterapkan pada perempuan.

Peneliti sekaligus psikolog perkembangan Cornell University, AS mengatakan, perempuan penyuka sesama jenis menampilkan pelebaran pupil saat melihat gambar perempuan lain, seperti pola pada laki-laki penyuka lawan jenis.

Tetapi perempuan penyuka lawan jenis juga menampilkan pupil besar saat merespon gambar erotis laki-laki maupun perempuan. Kendati mereka mengatakan hanya terangsang pada laki-laki.

“Ini bukan berarti semua perempuan penyuka lawan jenis diam-diam biseksual. Gairah subjektif mereka tidak selalu cocok dengan gairah tubuhnya,” katanya dilansir Livescience.com.

Para peneliti tidak mengetahui secara pasti alasan ini. Namun sebuah teori menjelaskan, sepanjang sejarah perempuan berisiko diperkosa sehingga mereka berevolusi merespon dengan pelumasan setiap rangsangan seksual dan tidak peduli apakah pasangan menarik atau tidak.

Hal ini juga menyimpulkan perempuan yang melakukan hal tersebut sedikit mengalami trauma atau infeksi setelah bersenggama. Alhasil mereka memungkinkan untuk mempertahankan generasinya.

Ternyata kaitan pupil dan libido sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada abad ke-16, perempuan di Italia meneteskan ramuan tumbuhan beracun (Belladona) pada mata mereka agar pupil membesar dan terlihat menggairahkan.

Pupil juga menjadi indikator untuk menanggapi sesuatu yang menarik atau tidak menarik, termasuk wajah orang yang dicintai atau karya seni indah.

Pelebaran pupil merupakan tanda sistem saraf otonom yang menggerakan organ tubuh tanpa bisa Anda kendalikan, seperti halnya denyut jantung, pengeluaran keringat dan gerakan usus.