2040, Prancis Stop Mobil BBM

PinkKorset.com – Prancis membuat gebrakan yang bisa menyelamatkan Bumi, jika saja semua negara di seluruh dunia berkomitmen melakukan hal sama.

Menteri Lingkungan Hidup Prancis Nicolas Hulot mengumumkan tujuan ambisius itu dalam rangka menekan perubahan iklim (climate change). Negara ini akan berhenti menjual mobil berbahan bakar bensin dan solar per 2040. Prancis, kata Hulot, masih butuh beberapa langkah lagi sebelum melaksanakannya.

“Kami mengumumkan akhir penjualan mobil bensin dan solar pada 2040,” kata Hulot yang pernah menjadi narator dokumenter mengenai lingkuhan hidup ini, seperti dilansir France24.

Dalam beberapa tahun mendatang, Hulot berkata pemerintahnya akan meningkatkan investasi di teknologi ramah lingkungan (green) dan berkelanjutan (sustainable). Negara tetangganya, Jerman, juga berencana mengurangi penggunaan kendaraan yang masih menggunakan BBM.

Namun begitu, rencana ini masih harus disetujui oleh parlemen Prancis sebelum diberlakukan. Tujuan berambisi ini adalah komitmen Prancis untuk memenuhi Paris Climate Agreement yang berlaku sejak 2016. Amerika Serikat baru saja mengecewakan dunia karena mundur dari kesepakatan itu.

Dalam Paris Climate Agreement tertulis, semua pesertanya harus mengurangi pemanasan global yang disebabkan manusia di bawah dua derajat Celsius atau 3,6 derajat Fahrenheit di bawah rata-rata pra-industri per 2100. Meningkatkan penggunaan kendaraan listrik bisa membantu, meski perjuangan tetap panjang.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan baru-baru ini, kendaraan listrik harus mencapai 15% dari seluruh penjualan kendaraan secara global agar bisa menghindari efek buruk perubahan iklim seperti kenaikan permukaan laut dan gelombang panas yang mematikan. Saat ini, penjualan kendaraan listrik global hanya 1%.