Warna Darah Haid Indikator Kesehatan [viunge]

Warna Darah Haid Indikator Kesehatan

PinkKorset.com – Darah dari siklus haid atau menstruasi memberikan warna berbeda yang menunjukkan tingkat kesehatan Anda.

Penelitian American College of Obstetricians and Gynecologists (2016) menemukan warna darah menstruasi dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan perempuan, seperti halnya pengecekan tekanan darah, denyut nadi dan temperatur. Hal ini terkait dengan kondisi apakah Anda hamil atau tidak dengan mengamati kesehatan hormon yang mengendalikan otak mengelola sistem tubuh bekerja optimal.

Agak bening

Warna ini menunjukkan Anda mengalami anemia atau kekurangan banyak zat besi. Anda perlu curiga bila warna darah ini muncul selama 2-3 siklus menstruasi. Tanda lainnya yakni ketika pembalut maupun tampon tidak dapat menampung darah haid hingga perlu diganti kurang dari satu jam, terbangun di malam hari untuk ganti pembalut dan sering lelah. Studi di Finlandia (2014) meneliti 236 perempuan dengan periode berat (heavy period) menemukan 27% perempuan mengalami kekurangan zat besi dan 60% anemia.

Merah, kental dan bergumpal besar

Gejala ini menandakan kadar progesteron rendah dan estrogen yang tinggi. Gumpalan darah ini mengindikasikan kondisi ketidakseimbangan hormon yang serius. Tetapi sebagian bentuk gumpalan darah dianggap masih wajar. Namun, kondisi ini juga bisa menandakan adanya pertumbuhan non-kanker dari jaringan otot rahim (Uterine Fibroid). Anda perlu berkonsultasi kepada dokter kandungan dan melakukan pengecekan USG.

Merah muda

Warna darah menstruasi merah muda menunjukkan kadar estrogen rendah. Kekurangan hormon ini dapat mempercepat keropos tulang atau osteoporosis. Penyusutan estrogen dapat dipicu olahraga berlebih, gizi buruk, polycystic ovary syndrome, pramenopause (4-5 tahun sebelum menopause).

Merah terang

Bila darah haid berwarna merah terang berarti Anda memiliki siklus mestruasi yang sehat. Semua orang sehat memiliki ciri darah menstruasi berbeda, tetapi umumnya berwarna merah terang yang konsisten.

Cokelat tua

Darah yang muncul dari luruhnya lapisan dinding rahim ini tdak perlu dikhawatirkan. Warna ini dapat diakibatkan tingkat oksidasi darah sehingga terlihat cokelat hingga cokelat tua.

Paduan abu-abu dan merah

Kombinasi warna ini menunjukkan adanya infeksi seperti penyakit menular seksual yang disertai bau busuk. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda Anda mengalami keguguran.