Persiapan Sehat Menjelang Puasa Ramadan [itresan]

Persiapan Sehat Menjelang Puasa Ramadan

PinkKorset.com, Jakarta – Anda bisa berpuasa lebih lancar bila melakukan persiapan beberapa hari sebelumnya. 

Berpuasa Ramadan selama satu bulan penuh menjadi tantangan bagi Anda. Pasalnya, sistem pencernaan harus menyesuaikan dengan pola makan baru. Sejak waktu Subuh hingga Maghrib, perut tidak terisi makanan maupun minuman. Sehingga tubuh Anda terkejut dan lemas pada awal puasa.

Sebenarnya kendala ini dapat Anda siasati dengan mempersiapkan pola makan pada beberapa hari menjelang puasa Ramadan.

Ahli Gizi Slim Gourmet Catering Nofika Aisyah menjelaskan, agar sistem pencernaan tidak ‘kaget’ diperlukan persiapan sejak 1-2 pekan sebelum puasa.

“Selama persiapan tambahkan sedikit porsi makan,” katanya kepada PinkKorset saat media gathering Saladstop! di Jakarta, (9/5/2017).

Menambah sedikit porsi makan, lanjutnya, bertujuan melatih tubuh agar terbiasa ketika asupan nutrisi berkurang saat berpuasa.

Ketika berpuasa, waktu makan menjadi lebih padat, yakni hanya pagi dan sore. Sementara waktu makan biasanya berlangsung pada pagi, siang dan sore dengan santapan camilan pada sela-sela waktu makan.

“Maksudnya membiasakan perut kenyang lebih lama,” ucapnya.

Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan durasi tidak makan dan minum, tidak menyemil (snacking), tetap sibuk agar tidak terlalu memikirkan makanan serta membiasakan konsumsi makanan bergizi seimbang.