5 Alasan Hindari Tisu Pembersih Wajah [hidoctor]

5 Alasan Hindari Tisu Pembersih Wajah

PinkKorset.com – Menggunakan tisu pembersih wajah memang lebih praktis ketimbang air. Tetapi di balik kemudahannya terdapat efek buruk pada kulit.

Terinspirasi tisu bayi, tisu pembersih wajah menjadi pilihan praktis untuk menghilangkan riasan wajah dan mengangkat kotoran. Terlebih lagi bila akses air bersih sulit.

Jika Anda sering menggunakan tisu pembersih wajah sepertinya harus berpikir dua kali. Pasalnya ada lima hal negatif tisu pembersih wajah yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

1. Penuh kandungan bahan kimia

Tisu pembersih wajah sarat bahan kimia agar tisu tetap lembab. Sejumlah bahan pengawet dan pewangi juga terbilang tinggi. Kedua bahan ini mudah mengiritasi kulit Anda yang sensitif. Belum lagi sebagian besar produk ini mengandung alkohol yang mengeringkan kulit Anda. Bahkan kandungan surfaktan sebagai bahan pelarut make up dan kotoran dapat memicu ruam dan kemerahan.

2. Tidak efektif

Menggunakan tisu pembersih tidak sebersih ketika Anda membersihkan wajah dengan air. Kulit Anda pun terasa sedikit lengket setelah menggunakan tisu ini.

3. Tidak ramah lingkungan

Tisu ini tergolong produk sekali pakai. Tidak seperti tisu biasa, tisu pembersih wajah tidak mudah terurai dan mudah menyumbat saluran air. Pada akhirnya mencemari lingkungan sekitar.

4. Menyebabkan iritasi mata

Hindari membersihkan riasan di area mata dengan tisu ini. Selain kandungan kimianya yang memicu iritasi, menggosok area mata akan menarik kulit dan menimbulkan garis-garis halus hingga keriput. Ini disebabkan kulit sekitar mata sepuluh kali lebih tipis ketimbang kulit wajah lainnya.

5. Memicu beragam masalah kulit

Kandungan alkohol yang tinggi mengeringkan kulit dan menyebabkan tanda awal penuaan. Bahan pembersih tisu ini menempel pada kulit dan menimbulkan komedo. Membersihkan minyak pada wajah menggunakan tisu pembersih juga bukan ide bagus. Tisu ini tidak menyerap minyak tetapi justru menyebarkan minyak ke seluruh wajah.

Tidak ada cara instan membersihkan dan menjaga kesehatan kulit. Anda perlu menggunakan air untuk membersihkan wajah secara aman. Anda boleh saja memanfaatkan tisu ini bila benar-benar sulit mendapatkan air bersih.