6 Bagian Tubuh Ini Rentan Infeksi Jamur [derekpark]

6 Bagian Tubuh Ini Rentan Infeksi Jamur

PinkKorset.com, Jakarta – Selain area kemaluan, bagian-bagian tubuh berikut ini mudah terserang penyakit jamur.

Jamur bukan satu-satunya penyebab, ragi pun memiliki pengaruh besar ketika berkembang lebih banyak daripada bakteri baik di suatu area tubuh tertentu. Saat itulah muncul infeksi jamur. Bahkan masalah ini mudah terjadi bila terjadi peningkatan kelembaban seperti berkeirngat, berhubungan intim dan duduk terlalu lama dengan pakaian basah.

Area kemaluan memang bagian paling mudah terinfeksi karena lembab dan gelap. Namun, bukan berari bagian tubuh lain terhindari dari risiko tersebut. Ada enam area tubuh yang mudah terinfeksi jamur.

1. Kulit

Infeksi ragi dapat muncul di hampir seluruh kulit dengan kelembaban tetap, misalnya si bagian lipatan kulit. Orang dengan diabetes dan gangguan imun biasanya mudah mengalaminya karena tubuh tidak bisa melawan infeksi secara cepat. Krim Monistat dapat menjadi pertolongan pertama.

2. Kaki

Seperti sindrom kaki atlet (athlete foot), infeksi bisa dipicu jamur lain, trichophyton mentagrophytes. Infeksi ragi mudah muncul pada kaki bila kaki kotor dan lembab. Penyembuhan dapat menggunakan krim antifungal.

3. Mulut

Infeksi ini dapat terjadi pada bayi yang sedang menyusu atau diberi susu dari botol. Ini disebabkan mereka belum bisa menelan sehingga sisa susu menempel di rongga mulut. Dokter biasanya memberi obat oral antijamur untuk membersihkan infeksi dan menghilangkan bercak putih lidah.

4. Payudara

Ibu menyusui rentan mengalami infeksi jamur karena mulut bayi dapat mengubah keseimbangan pH dan menambah kelembaban. Ifeksi juga mudah terjadi di bawah payudara akibat keringat berlebih.

5. Kerongkongan

Bagian ini juga tak luput dari infeksi jamur. Masalah ini biasanya lebih mudah menyerang orang yang sedang menjalankan kemoterapi maupun memiliki penyakit autoimun.

6. Pantat

Infeksi ragi pada vagina dapat menyebar ke pantat akibat sentuhan tangan. Bila infeksi ini terjadi pada vagina dan dubur membutuhkan perawatan hingga sepekan untuk membasmi ragi lebih banyak.

Belum Ada Berita Terkait