8 Makanan Pemicu Bau Mulut [soycarmin]

8 Makanan Pemicu Bau Mulut

PinkKorset.com – Bila Anda ingin berkencan, rapat atau bertemu dengan klien sebaiknya menghindari makanan dan minuman ini untuk menghindari bau napas tidak sedap.

Tingkat percaya diri Anda bakal anjlok di depan rekan bisnis, kolega maupun pasangan ketika bau mulut. Bila Anda tidak mengharapkan masalah ini ada baiknya menghindari delapan makanan dan minuman ini.

1. Bawang

Keluarga tanaman bawang seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombai menjadi urutan teratas daftar makanan yang harus dihindari. Pasalnya bawang mengandung sulfur yang terlepas dalam air liur ketika dimakan dan mengalir ke dalam aliran darah. Sulfur pemicu utama munculnya bau tak sedap.

2. Kopi

Kopi memang berguna menyerap bau jika ditempatkan dalam sebuah ruang. Tetapi ketika diminum justru memicu bau mulut karena sifatnya yang asam dan mengeringkan mulut. Alhasil bakteri dalam mulut lebih mudah berkembang.

3. Alkohol

Minum minuman alkohol tak hanyaa menimbulkan aroma alkohol tetapi juga bau tak sedap. Ini disebabkan alkohol mengeringkan mulut Anda dan menghasilkan pecahan senyawa yang masuk ke dalam aliran darah paru-paru. Napas bau pun muncul.

4. Susu

Susu mengandung protein dan karbohidrat, bahan makanan bagi bakteri. Sisa susu dalam rongga mulut dicerna bakteri menghasilkan hidrogen sulfida yang menebar aroma tak sedap.

5. Keju

Ya. Bau mulut semakin kuat setelah menyantap keju. Apalagi bila Anda makan keju yang memiliki aroma kuat. Ini disebabkan keju tak hanya mengandung protein saja tetapi juga bakteri pembentuk dadih susu (bentuk awal keju).

6. Daging merah dan ikan

Kedua bahan makanan ini tergolong tinggi protein. Protein berlebih dalam tubuh menyebabkan pemecahan protein menjadi energi (ketosis) yang menghasilkan bau. Tak peduli Anda rajin menyikat gigi dan berkumur karena aroma tak sedap berasal dari dalam tubuh.

7. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman mengandung gula menjadi makanan bakteri dalam mulut. Bakteri-bakteri ini menyebabkan kondisi asam yang tak hanya menyebabkan bau mulut tetapi juga merusak gigi.

8. Makanan dan minuman asam

Mengonsumsi makanan dan minuman asam seperti jus jeruk, sari lemon dan acar memicu bau mulut lebih cepat. Bahan makanan tersebut mempercepat kondisi asam rongga mulut.