Ada Doodle Wajah Affandi Koesoema, Siapakah Dia? [Google]

Ada Doodle Wajah Affandi Koesoema, Siapakah Dia?

PinkKorset.com, Jakarta – Hari ini Google Indonesia merayakan ulang tahun pelukis legendaris Tanah Air, Affandi Koesoema.

Hari ini Google menampilkan Doodle bergambar lukisan wajah Affandi Koesoema dalam rangka mengenang ulang tahun ke-110 tahun. Gambar tersebut mewakili gaya khas pelukis kelahiran Cirebon, 1 Mei 1907 ini. Affandi melukis dengan cat yang dibubuhkan langsung di atas kanvas tanpa menggunakan kuas, melainkan jari-jemarinya.

Gaya khas Affandi diperoleh secara otodidak yang bermula dari inspirasi majalah impor asal London.  Ia menekuni hobi melukis pada 1940. Sejak kala itu hingga 1950-an, Affandi melanglang buana melukis sekaligus memamerkan karyanya, termasuk di India, Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Ia pun dikenal di dunia internasional dengan gaya ekspresionis dan romantisme.

Affandi tutup usia pada 23 Mei 1990 dan meninggalkan ribuan karya lukisnya. Karya lukisannya dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta dan Museum Affandi, Yogyakarta.

Pada hari yang sama, Google secara global merayakan Hari Pekerja (May Day) 2017. Momen ini diperingati untuk menghargai kelas pekerja laki-laki dan perempuan di seluruh dunia.