Ada Eiko Ishioka di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia? [Google]

Ada Eiko Ishioka di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

PinkKorset.com – Khusus hari ini Google Doodle memperingati ulang tahun Eiko Ishioka ke-79 dengan menampilkan beberapa gambar berisi unsur-unsur fesyen.

Ada yang berbeda pada layar utama mesin pencari Google. Hari ini Google Doodle menyuguhkan gambar bertuliskan Google dengan sebuah manekin dan pita ukur serta latar belakang hitam. Bila Anda klik terdapat lima gambar di baliknya. Gambar tersebut yakni pakaian gaya jepang yang digantung, diletakkan di kursi, perempuan dan setrika, perempuan dan baju biru serta sebuah topeng mata yang terjatuh.

Ternyata dibalik rangkaian gambar tersebut, Google merayakan ulang tahun ke-79 Eiko Ishioka. Perempuan berdarah Jepang ini seorang perancang busana yang terkenal dengan gaya surealisme dan aneh.

Karyanya banyak menghiasi banyak iklan, film terkenal dan sampul album. Salah satu desain miliknya yang paling terkenal ditampilkan pada film Bram Stoker’s Dracula (1992) yang disutradarai Francis Ford Coppola. Karyanya berupa gaun berat yang dipakai Sadie Frost dengan kerah seperti leher kadal yang mengembang.

Eiko juga memenangkan penghargaan Grammy untuk sampul album musisi Jazz Miles Davis (1986). Salah satu karyanya dikenakan model Faye Dunaway pada iklan department store Jepang, Parco berdurasi 90 detik.

Bahkan ia juga bertanggungjawab penuh untuk kostum upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008. Eiko menjadi direktur desain kostum yang merancang pakaian untuk 15 ribu pemain dan menelan dana produksi hingga 100 juta dollar AS.

Eiko menikah dengan dengan sutradara Nico Soultanakis. Selama perjalanan hidupnya, Eiko juga dikenal sebagai desainer grafis dan sutradara seni. Ia terlibat di beberapa film, seperti Mishima: A Life in Four Chapters (1985), Closet Land (1991), The Cell (2000), The Fall (2006), Theresa: The Body of Christ (2007), Immortals (2011) dan Mirror Mirror (2012).

Eiko Ishioka lahir di Tokyo, 12 Juli 1938 dan meninggal pada 21 Januari 2012 akibat kanker pankreas.