Ajarkan Sains Sejak Dini [babbledabble]

Ajarkan Sains Sejak Dini

PinkKorset.com – Sejak usah prasekolah (preschool), anak sudah bisa diajarkan ilmu pengetahuan atau sains (science). Bahkan, ada banyak cara mudah dan menyenangkan untuk melakukannya.

Sains untuk anak usia prasekolah harus menyenangkan, informal, dan penuh dengan kesempatan untuk mencari tahu. Aktivitas terbaik adalah yang berlangsung singkat dan membuat mereka tertarik untuk bermain sambil mengobservasi.

Bingung mau mulai dari mana? Tak perlu. Dapur, kebun, atau bahkan mainan kesukaannya bisa menjadi kendaraan untuk pencarian ilmu pengetahuan. Kunci untuk membuat mereka terus tertarik adalah observasi detil yang dilakukan secara menyenangkan.

Eksperimen

Ajari anak untuk mengobservasi dunia secara terperinci. Catat hasil pengamatan itu, sertakan gambar, foto, atau alat bantu visual lainnya. Eksperimen bisa dilakukan dengan mengamati pertumbuhan, misalnya kecambah. Cari wadah seperti toples atau gelass dan masukkan kapas basah di dalamnya. Letakkan biji kecambah di atas kapas tersebut dan ajak si kecil untuk mengamatinya setiap hari, sambil menceritakan siklus hidup kecambah. Percobaan ini biasanya memakan seminggu sebelum terlihat hasilnya.

Pilihan lain untuk observasi adalah kupu-kupu. Mengamati hewan menakjubkan ini tentunya menarik bagi anak prasekolah. Mulai dari ulat, kepompong, hingga kupu-kupu yang bisa terbang. Mengamati kupu-kupu akan membuka kesempatan untuk berdiskusi. Gunakan alat bantu gambar untuk menjelaskan dan amati bersama setiap perkembangannya.

Holahop (hula hoop) juga bisa dimanfaatkan untuk pengamatan, terutama jika Anda memiliki kebun yang cukup luas. Letakkan holahop itu di tanah dan ajak si kecil mengamati apa saja yang ada di dalamnya. Seperti jenis tanaman, apakah ada serangga, apa yang ada di bawah tanah, apa hubungan antara tanaman dengan hewan, bagaimana semua berubah setelah hujan deras, dan banyak lagi. Ini akan membuat si kecil berpikir mengenai dunia di sekelilingnya.

Mengenalkan Kimia

Salah satunya melalui mainan lendir (slime) yang masih menjadi tren, meski bukan untuk anak prasekolah. Alih-alih membeli, cobalah untuk membuat sendiri sambil mengenalkan kimia padanya. Anda bisa membicarakan bagaimana rasa slime itu di tangannya. Ajari dia membedakan rasanya saat didiamkan di tangan dan ketika ia meremasnya. Kegiatan ini juga bisa menjadi proyek sensor yang baik untuk si kecil.

Kegiatan bernuansa kimia lainnya adalah mencampurkan baking soda (soda kue) dan cuka. Gunakan pencetak muffin yang sudah tak terpakai atau gelas air mineral. Tuang berbagai pewarna makanan dan tutup dengan soda kue hingga si kecil tak bisa melihatnya. Tuang cuka dan ajak ia mengamati. Setelah selesai, Anda bisa mengeringkan larutan tersebut dan nantinya bisa digunakan untuk mewarnai gambar. Bisa pula untuk mengajarkan ia memadukan warna, seperti menuang kuning ke biru untuk memperoleh hijau.

Mainan Untuk Prasekolah

Berbagai mainan sudah tersedia di pasaran untuknya. Beberapa yang terkenal adalah Play-Doh, untuk mengajarinya bentuk. Hal serupa bisa dilakukan dengan blok Lego. Pasir kinetik juga banyak dijual, sebagai alternatif Play-Doh dalam mengajarkan bentuk dan bangunan. Bisa pula membelikannya teropong anak-anak, membuat observasi pohon atau burung lebih menarik baginya.