Alasan Flu Sulit Sembuh [hidoctor]

Alasan Flu Sulit Sembuh

PinkKorset.com – Mengapa saat memasuki musim hujan flu kerap menyerang Anda dan seringkali penyakit ini tidak lekas hilang?

Kendati Anda sekuat tenaga membentengi diri dari kuman tetapi sulit menghindari flu saat musim dingin maupun hujan. Partikel virus influenza bertahan pada kondisi panas dan dingin untuk waktu yang cukup lama. Lapisan virus ini mengeras pada suhu dingin dan menyebar melalui udara.

Rangkaian masalah flu termasuk batuk biasa, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Seharusnya kondisi ini mereda dalam waktu sepekan tetapi justru semakin buruk. Ada beberapa penyebab penyakiit ini bertahan lama pada diri Anda.

Stres

Hormon stres, kortisol dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh Anda tidak mampu menyingkirkan flu dan justru menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. Kegiatan yang meningkatkan hormon bahagia, endorfin seperti yoga, meditasi, latihan beban maupun kardio dapat mengurangi stres.

Kurang tidur malam

Tubuh banyak melakukan regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan tubuh ketika Anda tidur pulas pada malam hari. Bila Anda tidak memenuhi tidur malam selama 7-8 jam per malam dapat memperburuk kondisi flu.

Perokok

Flu lebih parah terjadi pada seorang perokok ketimbang bukan perokok. Anda sebaiknya berhenti merokok dan menghindari asap rokok bila ingin flu cepat sembuh.

Terlalu banyak dekongestan

Penggunaan berlebihan obat pelega hidung tersumbat seperti decongestant spray menyebabkan kecanduan dan berakhir peradangan hidung permanen. Terlebih bila selama tiga hari flu tidak kunjung reda.

Terlalu sering olahraga berat

Memang olahraga membantu melepas hormon endorfin dan meningkatkan stamina. Tetapi Anda perlu ‘mendengar’ tubuh Anda karena ketika sakit tubuh juga memerlukan istirahat.  Sebaiknya ubah olahraga intensitas sedang-berat dengan skala ringan seperti yoga maupun berjalan kaki.

Alergi

Saat terkena flu sebaiknya menghindari faktor pemicu alergi (alergen) Anda seperti debu dan bulu hewan peliharaan. Bila gejala flu bertahan lebih dari satu hingga dua pekan bisa saja disebabkan faktor alergen.

Tanda penyakit serius

Bila flu telah bercampur dengan gejala lain seperti demam, nyeri otot dan gangguan sinus dapat menjadi tanda adanya penyakit lain. Kondisi dapat menjadi signal adanya masalah penyakit infeksi lain seperti sinusitis, bronkitis dan infeksi telinga hingga pneumonia.