Antioksidan Gagal Tangkal Demensia? [healthaim]

Antioksidan Gagal Tangkal Demensia?

PinkKorset.com – Selama ini suplemen antioksidan berguna membantu pengobatan banyak penyakit. Namun, apakah termasuk melawan demensia?

Sebuah penelitian terbaru University of Kentucky yang dipublikasi di jurnal JAMA Neurology menunjukkan, suplemen antioksidan tidak dapat menangkal demensia atau kumpulan gejala akibat gangguan otak kronik tanpa disertai kesadaran.

Para peneliti menganalisa informasi dari responden laki-laki Amerika berjumlah lebih dari 7.500 orang dengan umur 60 tahun ke atas. Mereka digolongkan menjadi empat kelompok yang terdiri atas kelompok yag mengonsumsi vitamin E, suplemen selenium, keduanya maupun plasebo secara acak selama lima tahun. Ada pula 3.700 responden di antaranya menambah waktu enam tahun tanpa mengonsumsi suplemen vitamin E dan selenium.

Hasil studi menemukan, kelompok responden yang mengonsumsi suplemen, plasebo selama lima tahun mengalami perkembangan demensia 4-5%. Artinya, suplemen antioksidan vitamin E dan selenium tidak dapat menghambat pembentukan demensia.

Padahal antioksidan diduga menghambat proses kerusakan akibat stres oksidatif. Beberapa penelitian sebelumnya juga menguatkan, jika antioksidan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mengurangi risiko demensia.