Apa ‘sih’ Vaginal Dryness? [astroglide]

Apa ‘sih’ Vaginal Dryness?

PinkKorset.com – Tidak sedikit perempuan yang mengalami masalah di atas ranjang. Salah satunya disebabkan vaginal dryness.

Vaginal dryness atau kekeringan yang terjadi pada vagina adalah kondisi ketika terjadi penurunan produksi cairan atau lendir pada vagina yang berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan intim.

Tanda-tanda Anda mengalami vaginal dryness adalah vagina terasa kering dan tidak mengeluarkan atau hanya sedikit mengeluarkan cairan pelumas meski dalam keadaan terangsang. Akibatnya, vagina terasa gatal dan iritasi, serta timbul rasa sakit dan nyeri saat berhubungan seksual dengan suami.

Banyak perempuan mengalami kondisi ini. Bahkan, dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 2000 perempuan di Inggris menyebutkan bahwa 1 dari 5 perempuan mengalami vaginal dryness atau sebuah kondisi yang menyebabkan organ intimnya menjadi kering.

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, ada beberapa faktor yang menyebabkan vaginal dryness, antara lain:

  • Usia, hal ini dikarenakan produksi lubrikasi alami akan semakin berkurang menjelang menopause;
  • Biologis, kondisi bawaan yang tidak memungkinkan perempuan untuk menghasilkan cairan lubrikasi yang cukup;
  • Lack of foreplay atau kurangnya pemanasan, misalnya saat Anda dan pasangan ingin melakukan quickie sex atau seks yang singkat, akan tetapi pasangan Anda belum siap;
  • Eksternal, misalnya pada saat Anda maupun pasangan sedang tidak fit, dan faktor dari luar lainnya yang membuat perempuan merasa kurang percaya diri;
  • Terakhir, adanya kebosanan karena rutinitas seksual yang kurang bervariasi.
Belum Ada Berita Terkait