Bagaimana Memilih Pompa Air Listrik Ideal? [Pinkkorset]

Bagaimana Memilih Pompa Air Listrik Ideal?

PinkKorset.com, Jakarta – Kendati urusan pompa air listrik dalam rumahtangga menjadi tugas laki-laki. Tidak ada salahnya Anda mengetahui kriteria pompa air sebelum membeli.

Masa pakai pompa yang lama tentu menghemat anggaran rumahtangga. Anda pun harus memilih pompa air listrik yang tepat sesuai kebutuhan. Kiat ini dapat memberikan gambaran sekaligus saran bagi Anda sebelum membeli pompa air listrik untuk rumah.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan jenis pompa air listrik dengan kedalaman sumber air atau sumur.

Product Marketing Supervisor Fan and Water Pump PT Panasonic Gobel Indonesia, Rawenda menjelaskan, pompa kecil dapat digunakan untuk kedalaman sumur kurang dari 10 meter. Bila kedalaman sumur lebih dari 10 meter sebaiknya menggunakan pompa jenis jet pump.

“Tentukan juga kapasitas air yang dibutuhkan. Pompa kecil hanya menyedot air 30 liter per menit dan pompa besar (jet pump) mencapai 45-65 liter per menit,” katanya usai acara Rekor MURI Pompa Air Panasonic Berjalan 100 jam Tanpa Henti Menggerakan Replika 10 Air Terjun di Indonesia kepada PinkKorset di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Rawenda menambahkan, daya sedot pompa perlu diselaraskan dengan kebutuhan air di rumah Anda. Menurutnya, semakin besar kapasitas pompa semakin baik untuk rumah dua lantai dengan lima keran. Misalnya menggunakan pompa dengan konsumsi listrik di atas 200 watt atau 45 liter per menit.

“Kapasitas pompa di bawah itu tidak cukup tekanannya. Kecuali hanya mengaliri air dua keran saja,” tambahnya.

Kebutuhan pompa juga ditentukan dengan ketersediaan tangki air dan shower. Bila Anda memilikinya maka diperlukan dua jenis pompa air listrik otomatis. Satu pompa air digunakan untuk mengaliri air dari sumur ke tangki air. Sementara satu pompa lagi untuk mengaliri air dari tangki menuju shower.

“Pompa air listrik tipe otomatis diperlukan untuk menghindari risiko tersetrum akibat menggunakan sakelar maupun stop kontak,” ucapnya.

Anda juga perlu memilih pompa air dengan lapisan anti karat. Material pompa air terbuat dari besi cor (cast iron) yang mudah berkarat dan menghasilkan air keruh. Salah satu tipe pompa air tersebut yakni Panasonic GA-126JAK. Alat ini memiliki teknologi double coating kuat yang menahan material pompa dari karat. Pompa ini berkapasitas 30 liter air per menit ini tahan hingga 7 tahun dengan harga berkisar Rp500 ribu – Rp600 ribu.