Yuk, Kembangkan Keterampilan Sosial Anak [briliantbehaviour]

Yuk, Kembangkan Keterampilan Sosial Anak

bPinkKorset.com, Jakarta – Anak dapat dikenalkan dan diajarkan keterampilan sosial sejak dini. Apa syaratnya?

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., menjelaskan, anak yang memiliki kemampuan sosial, bisa bergaul dengan baik di lingkungannya.

Anda pun dapat memperkenalkan kemampuan ini sejak umur 1-3 tahun.

Ada beberapa tahap yang perlu dilalui anak. Pertama, membangun kedekatan orangtua dengan anak. Lalu membangun rasa percaya anak pada orangtua dan terakhir membentuk sikap mandiri anak.

Menurut Anna, kedekatan anak dan orangtua terbentuk dari ikatan kasih sayang. Kedekatan ini akan menjadikan si kecil merasa aman dan nyaman. Untuk menumbuhkan kedekatan ini, orangtua perlu sensitif terhadap kebutuhan anak, saling menatap dan memeluk.

“Kuncinya, beri kesempatan si kecil bermain sendiri, tidak membohonginya dan bersabar terhadap perilakunya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (29/7/2017).

Setelah sukses membangun kedekatan dengan si kecil, saatnya Anda membangun rasa percaya si kecil pada Anda. Bagaimana caranya?

Orangtua perlu memberikan tanggapan ketika si kecil menangis dengan menggendong, mengayun perlahan atau ucapkan kata-kata menenangkan. Berikan aturan sebelum aktivitas dilakukan, tepati janji, dengarkan seksama saat ia berceloteh.

Tahap ketiga adalah membentuk kemandirian anak.

Hal ini dapat dimulai sejak umur 1 tahun. Misalnya melatih si kecil menyebut namanya sendiri, mengajarkan makan makanan yang dipegang jarinya dan memilih mainan.

Sedangkan anak berumur 2 tahun dapat diajarkan mengungkapkan keinginan buang air, makan sendiri dengan sendok dan membereskan mainan.

Anna menyarankan para orangtua untuk mendukung kemandirian si kecil dengan memberikan kesempatan untuk mencoba, tidak memburu-buru, memberikan pujian, pelukan serta ekspresi wajah menyenangkan ketika si anak berhasil.

Setelah tahap dasar rampung, dapat dilanjutkan tahap selanjutnya, yakni mengenalkan emosi, menjaga diri sendiri, mengajarkan kemampuan komunikasi, melatih fokus dan imajinasi serta kemampuan empati.

Namun faktor nutrisi juga hal tidak kalah penting untuk mendukung keterampilan sosial anak.

Marketing Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan, SGM Eksplor berkomitmen menyediakan produk nutrisi terbaik dengan edukasi untuk mendampingi orangtua memastikan pemenuhan gizi dan pola asuh bagi tumbuh kembang si kecil.

“Selain kegiatan seminar parenting, ada pula video edukasi melalui website dan Facebook,” ucapnya.

Video tersebut dapat disaksikan melalui Facebook Aku Anak SGM atau website ini. Tak hanya itu saja, sebelumnya SGM Eksplor juga menghadirkan Mobi Aku Anak SGM ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengedukasi para orangtua.