Bekraf Luncurkan Buku Panduan Usaha Pemula [Pinkkorset]

Bekraf Luncurkan Buku Panduan Usaha Pemula

PinkKorset.com, Jakarta – Sebanyak sembilan judul buku panduan pendirian usaha bidang ekonomi kreatif dirilis Bekraf untuk calon pengusaha.

Untuk mendorong geliat ekonomi kreatif di Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) menerbitkan buku panduan pendirian usaha untuk para calon wirausahawan yang berminat memulai atau mengembangkan bisnis.

Buku tersebut hadir dalam sembilan judul, meliputi Pengembangan Aplikasi Digital, Panduan Kriya Keramik, Studio Musik, Game Digital, Animasi, Fashion Muslim, Batik, Kriya Perak dan Kuliner Soto.

“Bekraf berupaya seoptimal mungkin mendorong pengembangan usaha ekonomi kreatif. Salah satunya penyusunan buku panduan pendirian usaha ekonomi kreatif,” ucap Wakil Kepala Bekraf Ricky J Pesik dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Buku tersebut dirancang lengkap dan sederhana. Dimulai dari pembahasan peluang usaha, permodalan, manajemen produksi dan SDM, keuangan dan pemasaran, legalitas serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Penyusunan sembilan buku ini merupakan hasil kerja sama Bekraf dan Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah. Buku-buku tersebut disusun melalui beberapa tahap.

Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret, Ir. Eddy Tri Haryanto MP menambahkan, buku panduan pendirian usaha bidang ekonomi kreatif ini melalui tahapan observasi, penyebaran kuesioner, wawancara, diskusi kelompok terpumpun dan studi pustaka. Para akademisi, pakar dan pelaku usaha juga dilibatkan dana penyusunan buku ini.

“Harapan kami buku ini menjadi panduan untuk mengubah pola pikir masyarakat sehingga mau melakukan usaha,” pungkasnya.

Sembilan buku tersebut tersedia dalam bentuk digital alias e-book yang dapat diunduh gratis melalui situs ini.