Belajar Menghemat Bensin Mobil [kent]

Belajar Menghemat Bensin Mobil

PinkKorset.com – Di kota sebesar Jakarta yang hampir selalu dilanda kemacetan, mencari cara untuk menghemat konsumsi bensin amat penting.

Untuk menghindari tekor di akhir bulan karena anggaran bahan bakar membengkak, pelajari beberapa cara mudah untuk menghemat bensin mobil.

Mengemudi Pada Batas Kecepatan

Selain untuk keselamatan sesama pengguna jalan, batas kecepatan atau speed limit juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat bahan bakar. Semakin kencang Anda mengemudi, konsumsi bensin akan semakin banyak.

Mengemudi Secara Defensif

Menggerakkan mobil membutuhkan lebih banyak tenaga ketimbang membiarkannya tetap bergerak. Artinya, jika Anda menempel pada mobil depan saat kondisi jalanan macet serta melakukan banyak hal seperti berhenti, mulai jalan, atau mencoba mendahuluinya, maka konsumsi bensin akan semakin tinggi ketimbang berjalan stabil. Cobalah untuk tidak menginjak pedal gas dengan kasar. Injak pedal rem lebih awal, hindari rem mendadak.

Matikan Mesin Saat Menunggu

Diam atau tetap menyalakan mesin saat berhenti menunggu membuang gas, padahal Anda tidak menggunakannya. Jika mungkin, lebih baik matikan mesin saat menunggu untuk menghemat bensin.

Tekanan Ban Sesuai

Ban yang tekanannya di bawah standar bisa menambah konsumsi bahan bakar. Berbagai SPBU saat ini sudah menyediakan pompa udara gratis yang bisa Anda gunakan. Pastikan tekanan ban sesuai manual mobil masing-masing. Beberapa mobil menuliskan manual itu pada pelat yang ditempel dekat pintu pengemudi.

Hindari Ekstra Kargo di Atap Mobil

Selain mengganggu aerodinamika, kargo ekstra yang biasanya dipasang di atap mobil memperlambat kendaraan. Akibatnya, Anda menggunakan lebih banyak bensin. Secara umum, trailer yang digandeng di bagian belakang atau memenuhi bagasi adalah opsi yang lebih efisien bahan bakar.

Gunakan Cruise Control Untuk Jalan Panjang dan Rata

Jika memiliki fitur cruise control, gunakan untuk membuat mobil pada kecepatan konsisten dan stabil. Ini artinya Anda menghindari membakar bensin secara tidak perlu akibat sering akselerasi dan berhenti.

Periksa Filter Udara

Ini adalah cara termudah dan termurah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pastiikan Anda membeli filter yang benar sesuai model dan tahun mobil. Tanyakan langsung kepada montir atau layanan pelanggan di bengkel resmi. Untuk mobil baru, mengganti filter tak begitu membantu efisiensi tapi membuat akselerasi semakin mulus.

Hemat Penggunaan AC

AC membakar bensin untuk membuat mobil dingin. Artinya, Anda menggunakan bensin tanpa mengemudikan mobil. Jika sudah dingin, naikkan sedikit suhu AC atau matikan agar mobil lebih efisien. Menyalakan AC sedingin mungkin bisa membuat mobil lebih boros hingga 25%.