Berapa Durasi Mandi Ideal? [terve]

Berapa Durasi Mandi Ideal?

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata lama waktu mandi sangat memengaruhi kesehatan kulit Anda. 

Ahli kesehatan kulit Bamed Health Care dr. Pandu Pradana, Sp.KK mengatakan, semakin lama kulit terpapar air tidak memberikan efek hidrasi, melainkan menyebabkan kulit kering dan gatal.

“Sebaiknya mandi tidak lebih dari lima menit,” ucapnya saat seminar media Bamed Health Care di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Durasi mandi maksimal lima menit diawali sejak tubuh Anda terbasuh air, menggunakan sabun, sampo dan kondisioner, membilas dan menyeka dengan handuk.

Selain itu, suhu air untuk mandi disarankan pada temperatur ruang maupun suam-suam kuku. Anda sebaiknya menghindari mandi dengan air panas karena membuat kulit kering dan pecah-pecah.

“Air terlampau panas melarutkan lemak pada kulit sehingga menurunkan kelembaban kulit,” sambungnya.

Kulit semakin kering, sambung dr. Pandu, jika sering menggunakan sabun antiseptik. Kendati sabun antiseptik tetap diperlukan, sebaiknya Anda gunakan ketika kulit terkena kotoran. Sabun berpelembab lebih baik digunakan secara rutin.

Usai mandi pun Anda perlu melindungi kulit dengan mengoleskan pelembab maupun spray wajah. Aplikasi pelembab ini paling tepat ketika kulit Anda agak basah.