Bidonesia Alternatif Jasa Kurir Bebas Hambatan [PinkKorset]

Bidonesia Alternatif Jasa Kurir Bebas Hambatan

PinkKorset.com, Jakarta – Bidonesia menjadi pilihan jasa antar barang saat kurir kendaraan bermotor tidak dapat diandalkan.

Kemacetan lalu lintas menjadi hambatan kurir motor maupun mobil mengantarkan barang tepat waktu. Namun kondisi ini tidak berlaku pada jasa kurir sepeda dan salah satunya yakni Bidonesia. Layanan ini memungkinkan pengiriman barang dapat ditempuh kendati kondisi macet.

“Pengiriman barang menggunakan sepeda lebih efisien ketimbang kendaraan bermotor,” ucap Pendiri Bidonesia Niki Bagoes Rizky saat jumpa media Bidonesia dan Herbalife di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Menurutnya mengantar barang menggunakan sepeda lebih fleksibel. Misalnya saja kemudahan melewati jalan sempit untuk menghindari jalur macet, sepeda mudah diangkat saat jalan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor, kurir tidak perlu mencari area parkir yang sulit dijangkau kendaraan bermotor dan dapat masuk hingga teras gedung.

“Selain itu sepeda juga bebas polusi,” ujarnya.

Bidonesia melayani pengiriman barang, makanan dan dokumen untuk reguler maupun korporat. Barang yang diantar maksimal 5 kg dengan dimensi 30 x 20 cm dan tiba pada hari yang sama. Sementara tarif dipatok Rp25 ribu (1-10 km) dan Rp50 ribu (11-15 km).

Saat ini Bidonesia tersedia di Aceh, Aceh, Medan, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Cibinong, Semarang, Yogyakarta, Jember, Malang dan Bali. Sementara aplikasi masih tahap rencana, pemesanan Bidonesia baru memanfaatkan WhatsApp.

Bidonesia adalah sebuah komunitas kurir sepeda (bike messenger) yang dibentuk pada 23 Oktober 2016. Namun, komunitas kurir sepeda penggemar sepeda fixed gear di Jakarta ini telah aktif berkegiatan sejak 2013.

Niki menjelaskan arti Bidonesia terdiri atas dua kata, Bidon (botol minum olahraga) dan Nesia (dari kata Indonesia). Mengambil makna dua kata tersebut, Bidonesia didirikan dengan tujuan menjadi wadah olahraga khususnya sepeda.

Hingga kini, Bidonesia memiliki 50 anggota aktif yang tersebar di Indonesia, Malaysia dan Swiss.
Komunitas ini tidak hanya berkutat pada jasa kurir sepeda saja tetapi juga berpartisipasi aktif dalam kejuaraan kurir sepeda tingkat dunia. Beberapa kompetisi internasional yang akan diikuti yakni Holycrit di Singapura pada 16 Desember 2017 dan The Cycle Messenger World Championships di Latvia, Agustus 2018.

“Beberapa event sebelumnya di Singapura, Bidonesia berhasil raih juara,” imbuhnya.

Senior Director and Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi menuturkan, Herbalife mengapresiasi Bidonesia sebagai jasa ramah lingkungan yang beranggotakan anak-anak muda dan berprestasi pada kompetisi internasional.

“Untuk itu Herbalife Indonesia mendukung Bidonesia dalam Kejuaraan di Singapura,” katanya.
Dukungan ini sebagai ajang promosi Indonesia di mata dunia sekaligus ajakan gaya hidup sehat. Tak hanya itu saja, Herbalife Indonesia juga memanfaatkan layanan Bidonesia untuk pengiriman produk kepada pelanggan.

Belum Ada Berita Terkait