Bukti Kanibalisme Manusia Prasejarah di Spanyol [bbc]

Bukti Kanibalisme Manusia Prasejarah di Spanyol

PinkKorset.com – Temuan ini memberikan bukti aktivitas saling memakan manusia (kanibalisme) telah dilakukan sejak zaman prasejarah.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Anthropolgical Archaeology edisi Maret 2017 menunjukkan, manusia melakukan kanibalisme sejak 10.000 tahun lalu berdasarkan temuan tulang manusia prasejarah dengan goresan dan bekas gigitan.

Tulang tersebut ditemukan di Gua Santa Maria, Alicante, Spanyol. Para peneliti menduga temuan ini menjadi bukti kanibalisme pertama di wilayah Mediterania, Eropa Barat pada 10.200-8.000 tahun yang lalu (periode mesolitikum).

Sebanyak 30 bagian tulang manusia prasejarah ini bagian dari tubuh orang dewasa berbadan besar dan kecil serta bayi. Khusus pada bayi hanya memiliki satu tulang lengkap (tulang belikat) yang tidak menunjukkan tanda-tanda kanibalisme.

Pembuktian adanya kanibalisme melalui tanda gigi pada tulang-tulang tersebut. Para peneliti menganalisa tanda gigitan pada tulang yang dilakukan karnivora, omnivora, termasuk manusia. Tanda gigitan maupun cabikan hewan karnivora terlihat goresan jelas, sedangkan gigitan manusia tidak menunjukkan tanda tersebut.

Mereka membandingkan bekas gigitan pada tulang manusia prasejarah ini dengan bekas gigitan manusia modern pada tulang kelinci. Ternyata hasilnya menunjukkan bekas gigitan yang sama. Bukti ini diperkuat dengan adanya tulang manusia pada kotoran mumi manusia di dalam gua tersebut.

Hingga kini para peneliti belum mengetahui alasan kanibalisme pada manusia prasejarah tersebut. Apakah dilakukan karena kelaparan atau keperluan ritual.