Cara Tepat Gunakan Setrika [huffpost]

Cara Tepat Gunakan Setrika

PinkKorset.com – Pakaian menjadi rusak, gosong dan berlubang jika keliru menggunakan setrika. Anda perlu tahu kiat untuk menghindari risiko tersebut.

Setrika listrik menghasilkan panas yang kuat. Namun, proses memanaskan setrika lebih lama ketimbang mendinginkannya. Untuk mencegah pakaian Anda menjadi gosong, sebaiknya memulai menyetrika dengan bahan yang rentan panas.

Atur knop setrika pada level panas terendah untuk menyetrika pakaian berbahan poliester, sutra maupun bahan kombinasi. Bila Anda sudah menyelesaikan semua pakaian tersebut, naikkan level panas dan menyetrika bahan pakaian yang lebih tahan panas seperti katun dan linen.

Jika Anda kerap lupa memposisikan setrika tegak usai menyetrika, gunakan tatakan besi. Sehingga tidak merusak kain alas papan setrika.

Semprotkan air pakaian sebelum menyetrika bila bahan terlalu kering. Cara ini dapat melemaskan kain sehingga tidak keriput, mudah menyetrika dan pakaian terlihat lebih rapi.

Namun, sebaiknya tidak menggunakan air keran untuk menyemprot pakaian. Perbedaan mineral air tanah berbeda-beda yang dapat merusak plat setrika. Sehingga saat menyetrika tidak licin dan merusak serat kain. Anda sebaiknya menggunakan air suling atau menggunakan cairan penyemprot khusus pakaian.

Bila setrika Anda tipe uap tidak disarankan menyimpan sisa air dalam tangki. Kebocoran sisa air dapat menyebabkan korsleting listrik dan merusak plat setrika. Untuk mencegah bahaya ini, sebaiknya kosongkan tangki setrika.

Segera bersihkan setrika usai digunakan. Lelehan serat kain menyebabkan plat setrika menjadi lengket. Bila Anda terus gunakan akan menodai kain dan bahkan merobeknya. Bersihkan plat setrika dengan pasta baking soda. Lap plat dengan kain basah dan kain kering.

Dengan melakukan tips ini, pakaian Anda pun bebas dari ‘cap’ setrika, gosong dan berlubang.