Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Bra?

PinkKorset.com – Apakah kita harus mengenakan satu selama tiga hari hingga kotor atau langsung mencucinya meski baru dipakai sekali?

Ini ada kaitannya dengan perawatan bra agar pakaian dalam penting bagi perempuan ini awet. Bra memang bukan kategori pakaian yang dicuci setelah sekali dikenakan seperti celana dalam atau kaus kaki. Tapi perawatannya juga tak sederhana.

Mudahnya seperti ini. Pernah mendengar ucapan three is the magic number? Itu cara mudah untuk mengingatnya. Tidak, ini bukan berarti Anda mencuci bra setelah tiga hari atau tiga kali pakai.

Ini artinya satu dicuci, satu dikenakan dan satu disimpan untuk ganti. Bukankah lebih mudah mengenakan satu selama tiga hari lalu ganti bra? Ya, cara itu mudah untuk Anda tapi tidak untuk bra. Seperti otot, bra juga butuh ‘masa pemulihan’.

Jika satu bra dikenakan lebih dari sehari berturut-turut, benang elastisnya tak memiliki kesempatan untuk kembali sehingga cepat melar. Dalam beberapa hari, strap belakang bra akan naik sebab benang elastisnya sudah melar dan sulit kembali.

Jangan meremehkan fungsinya. Bra bukan dikenakan demi penampilan. Menjaganya tetap baik sangat penting untuk kesehatan payudara. Semakin baik kondisinya, bra akan berfungsi secara maksimal dalam mempertahankan bentuk.

Menurut pakar kesehatan payudara Christine Egan, ada ligamen utama yang menjaga bentuk payudara dan disebut ligamen Cooper. Seiring usia dan banyaknya gerakan, ligamen ini akan mengendur dan membuat payudara tampak turun.

“Gerakan yang terus menerus bisa mencederai payudara. Perempuan berpayudara besar juga bisa terpengaruh otot bahu dan lehernya. Bra mencegah cedera-cedera ini,” paparnya dalam sebuah wawancara via surel.

Egan juga menerapkan rule of three dalam penggunaan bra. Anda tak perlu harus langsung mencucinya selama bra tersebut tidak menyerap banyak keringat dan tidak bau. Cukup digantung agar terkena udara segar.

Cara Ideal Mencuci Bra

Gunakan air hangat di wastafel atau bak kecil dan cuci secara perlahan. Gosok lembut hingga kering. Pastikan Anda membilasnya hingga bersih dan gantung atau letakkan di tempat rata hingga kering.

Jika menggunakan mesin cuci, setting pada gentle wash atau cycle, memakai deterjen lembut. Posisikan bra terkait karena kait logamnya bisa tersangkut dan merusak bentuknya. Jangan keringkan di dalam dryer karena panas merusak bentuknya.