Daftar Maskapai Paling Aman [T&L]

Daftar Maskapai Paling Aman

PinkKorset.com – Rekor keamanan adalah salah satu hal terpenting pada sebuah maskapai. Siapa yang mau naik pesawat dengan perasaan was-was?

Bepergian menggunakan pesawat bisa menjadi sumber stres. Mulai dari bandara yang jauh dan kadang macet, antrean check-in panjang, hingga kemungkinan terjadinya turbulensi. Sehingga banyak penumpang mempertimbangkan keamanan maskapai sebagai hal terpenting.

Selama empat tahun berturut-turut, berdasarkan situs travel AirlineRatings.com yang menyurvei 425 maskapai dari seluruh dunia, Qantas dari Australia berada di puncak daftar teraman untuk 2017.

Maskapai yang sudah beroperasi selama 96 tahun ini memiliki catatan nol korban jiwa di era jet modern, sebuah rekor yang luar biasa. “Salah satu maskapai tertua dunia ini memiliki rekor operasional dan keselamatan yang luar biasa,” demikian situs itu.

Dalam daftar 20 maskapai teraman, berdasarkan urutan alfabet adalah berikut ini. Air New Zealand, Alaska Airlines, All Nippon Airways, British Airways, Cathay Pacific Airways, Delta Air Lines, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, Japan Airlines, KLM, Lufthansa, Scandinavian Airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, Virgin Atlantic, dan Virgin Australia.

Sementara di kategori maskapai low-cost, berdasarkan urutan alfabet adalah sebagai berikut. Aer Lingus, Flybe, HK Express, Jetblue, Jetstar Australia, Jetstar Asia, Thomas Cook, Virgin America, Vueling, dan Westjet.

Namun jangan khawatir jika Anda tak bisa selalu memilih maskapai-maskapai ini. Sebab berdasarkan berbagai laporan, jumlah kecelakaan pesawat terus turun selama dua dekade terakhir. Meski ada juga insiden yang menghebohkan seperti tragedi Malaysia Airlines.