Atasi Dilema ‘Dress Code’ Kantor

PinkKorset.com – Hendak berangkat kerja dan bingung apakah harus berpakaian business casual atau formal?

Apakah Anda termasuk yang wajib mengenakan seragam ke kantor? Jika ya, Anda tak perlu memusingkan pakaian setiap hari. Jika tidak, memikirkan busana kantor bisa memakan waktu. Seperti apa business casual sebenarnya? Bolehlah sebenarnya mengenakan celana jeans ke kantor?

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda memecahkan dilema dress code untuk kantor.

Jangan Membaur

Pakaian kerja harus mencerminkan diri Anda, tapi jangan terlalu berlebihan. Jika Anda seorang bankir, tak perlu berdandan glamor dan mahal untuk ke kantor. Gunakan pakaian untuk menciptakan image yang Anda inginkan, jika memang tak code busana dari kantor. Lebih baik lagi jika sambil melakukannya, Anda bisa terlihat menojol dan tak membaur dengan rekan-rekan lainnya.

Ukuran Pas

Kenakan pakaian yang cukup dan pas di tubuh Anda. Pakaian yang terlalu besar akan membuat penampilan berkesan ‘jorok’. Baju terlalu ketat akan membatasi gerakan dan menonjolkan bagian yang tak seharusnya terlihat. Berinvestasilah di pakaian yang bahannya tak mudah kusut.

Buat Seragam Jadi Menarik

Seragam merupakan perwakilan dari sebuah merek, membantu menciptakan citra dan identitas korporasi. Jika ada seragam, jangan ubah code-nya. Agar terlihat menonjol, pastikan Anda mengenakan seragam yang rapi dan terawat. Seragam adalah perusahaan, bukan Anda. Maka hormati hal itu.

Jangan Membosankan

Ini memang butuh usaha khusus. Selain hitam atau putih, kenakan warna bernuansa seperti biru, cokelat, hijau, abu-abu, atau bahkan merah. Hindari emas, perak (silver) dan tone warna metalik lainnya. Pikirkan baik-baik kombinasi warna yang hendak dikenakan, terutama jika Anda hendak menambahkannya sebagai aksesoris dari seragam.

Jeans ke Kantor?

Busana kerja yang kasual harusnya membuat Anda tetap tampak smart dan sharp. Jeans boleh saja dikenakan jika lingkungan kerja Anda seperti media, seni, periklanan, start-ups, teknologi informasi, dan bidang serupa lainnya. Kenakan jeans dengan warna plain atau polos dan tak bertekstur. Ya, jangan kenakan jeans sobek alias ripped jeans ke kantor!