Gordon Ramsay Manfaatkan Makanan Sisa [forbes]

Gordon Ramsay Manfaatkan Makanan Sisa

PinkKorset.com – Jika restoran biasanya memilih bahan terbaik untuk diolah, chef selebritas Gordon Ramsay malah mau memanfaatkan bahan-bahan yang biasanya dikategorikan ‘sampah’. Seperti apa?

Ramsay akan menerapkan konsep ini di jaringan restoran wastED, berlokasi di London, UK. Selain Ramsay, sejumlah chef ternama seperti Clare Smyth dan Tom Kerridge, akan muncul dan mengolah bahan-bahan yang biasanya dibuang meski kondisinya masih baik.

Menurut laporan Bloomberg, wastED yang lokasi pertamanya dibuka di Manhattan, NYC, pada 2015 ini akan dipimpin oleh Dan Barber, pemilik jaringan restoran Blue Hill yang populer di New York. Adapun wastED London akan beroperasi pada 24 Februari – 2 April 2017 saja.

Menu setiap harinya akan bergantung pada apa yang tersedia. Bahan diperoleh dari ‘sisa’ petani, distributor, restoran, peritel dan banyak lagi. Masakan akan dijual mulai US$18 atau sekitar Rp240 ribu per menu.

Tujuan proyek ini, kata Barber, untuk menarik perhatian terhadap sampah makanan yang selalu menjadi masalah global. Menurut catatan organisasi makanan dan pertanian PBB (FAO), sepertiga dari makanan yang diproduksi setiap tahunnya, terbuang begitu saja.

Ini artinya, 1,3 miliar ton bahan makanan terbuang meski kondisinya masih layak makan. Nilainya sekitar US$990 miliar! Bayangkan, satu dari sembilan orang khususnya di Afrika dan Asia, mengalami kurang nutrisi sementara ‘orang mampu’ malah buang-buang makanan.