Hamil, Kate Middleton Terserang HG [marieclaire]

Hamil, Kate Middleton Terserang HG

PinkKorset.com – Pada kehamilannya yang ketiga, Kate Middleton terserang HG. Apakah itu?

Sama seperti ketika mengandung Pangeran George dan Putri Charlotte, Kate kini juga mengalami Hyperemesis Gravidarum (HG).

Hal ini menyebabkan Sang Putri harus dirawat di Kensington Palace dan membatalkan kunjungannya ke Hornsey Road Children’s Centre di London, Senin kemarin.

Apakah HG?

HG adalah kondisi mual dan muntah di masa kehamilan dengan frekuensi serta gejala yang jauh lebih parah daripada morning sickness. Kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi, gejala sakit kepala dan jantung berdebar. Calon ibu juga berisiko kurang gizi.

HG biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan sampai kandungan berusia 21 minggu, dan bisa lebih lama. Gejalanya adalah mual parah, muntah, tidak nafsu makan, juga perasaan lelah, pusing, dan bingung sehingga ada kemungkinan berat badan turun hingga 10%.

HG biasanya dialami oleh ibu-ibu muda, hamil pertama, atau hamil anak kembar dua atau lebih. Penyebabnya diduga karena peningkatan kadar hormon. Kendati sulit dicegah, namun HG bisa diatasi dengan cara banyak memberi cairan dan obat antimual.