Hati-Hati Bermain Reaksi Facebook [sketchapp]

Hati-Hati Bermain Reaksi Facebook

PinkKorset.com – Hampir setahun Facebook merilis fitur Reactions. Jejaring sosial ini pun membuka apa pengaruh reaksi Anda di News Feed. Sebaiknya, mulai sekarang lebih berhati-hati menggunakan fitur ini.

Ternyata, Facebook memperhitungkan semua reaksi seperti love, haha, wow, sad, dan angry, yang pernah Anda klik pada sebuah postingan. Bahkan, menurut juru bicara Facebook seperti dilansir situs Mashable, Reaction mengirimkan sinyal yang lebih kuat pada News Feed Anda ketimbang Like.

“Jadi, kami memperbaru News Feed agar lebih mempertimbangkan Reactions ketimbang Like dalam menentukan relevansi sebuah postingan bagi setiap pengguna,” katanya.

Facebook mencatat, semua Reactions berimbang. Sehingga, alogaritma News Feed Anda takkan dipengaruhi oleh Reactions yang digunakan. Apa yang dilakukan Facebook ini sebenarnya tak mengejutkan, mengingat Reactions hanyalah perpanjangan dari Like.

Namun begitu, banyak yang mempertanyakan penggunaan data Reactions. Seperti untuk iklan atau kepentingan lain di luar News Feed. Informasi seperti ini tentunya amat berguna bagi pengiklan. Banyak pula yang mengkhawatirkan keamanan penggunaan fitur ini.

Apapun perasaan Anda mengenai Reactions, anggap saja pembaruan ini sebuah peringatan. Apapun yang Anda lakukan di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini, akan mempengaruhi News Feed. Jika tak suka, tak perlu menggunakan fitur ini atau ubah lagi setting keamanan News Feed Anda.