Makna Hias Gapura Jelang HUT RI [kompas]

Makna Hias Gapura Jelang HUT RI

PinkKorset.com, Jakarta – Menghias gapura menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan menjelang 17 Agustusan. Apa maknanya?

Beragam bentuk keriaan terlihat saat merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Selain panjat pinang, balap karung, aksi sepeda hias dan aneka lomba lain, kegiatan menghias gapura menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Kegiatan yang dilakukan warga di tingkat Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) ini tidak sekadar mengedepankan keceriaan, tetapi juga semangat gotong royong.

Meskipun segala kreativitas boleh dituangkan, gapura harus menunjukkan nuansa ke-Indonesiaan. Salah satunya merah putih, bendera Indonesia.

Demi mendukung kegiatan tersebut, merek cat Nippon Paint tahun ini menggelar aksi pengecatan 5.000 Gapura Merah Putih di lebih dari 27 kota di Indonesia.

Pengecatan tersebut dimulai serentak pada 29 Juli 2017 dan ditargetkan selesai pada 14 Agustus 2017. Program ini menghabiskan 50.000 liter cat eksterior dengan nilai Rp5 miliar.

Menurut Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew, kegiatan hias gapura bertajuk Gapura Merah Putih adalah upaya Nippon Paint turut serta memupuk semangat persaudaraan dan gotong royong warga Indonesia.

Tidak hanya melibatkan masyarakat saja tetapi juga 4.000 karyawan dan 142 distributor atau retail partner Nippon Paint untuk mengecat gapura.

“Hal inilah yang membuat Gapura Merah Putih bukan sekadar bakti sosial donasi, tetapi juga ada kolaborasi nyata,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hias gapura ini diperlombakan melalui kompetisi foto bersama (groupfie) dengan total hadiah Rp250 juta. Info lebih lengkap ada di sini.