Ini Cara Tepat Cegah Pikun   [wisegeek]

Ini Cara Tepat Cegah Pikun  

PinkKorset.com, Jakarta – Sering tidak ingat janji atau meletakkan barang dan sulit mengingat waktu adalah beberapa tanda kepikunan. Masalah ini dapat dihindari dengan cara berikut.

Kepikunan adalah salah satu gangguan otak yang umum terjadi pada lansia. Namun, orang muda pun sudah mengalaminya akibat gaya hidup tidak sehat. Untuk mencegah pikun muncul lebih awal, Anda perlu mengubah gaya hidup.

“Anda harus merasa muda terus. Indikatornya, mau belajar hal baru. Kalau sudah malas belajar, tandanya Anda sudah tua,” ucap Dokter Spesialis Geriatric RSCM Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-Kger, M.Epid, FINASIM di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dengan begitu otak Anda terus bekerja dan terasah. Selain itu, melakukan hobi yang bermanfaat seperti  melukis, dansa, menjahit, memasak dan lainnya. Kegiatan tersebut menstimulasi otak kanan tetap aktif dan mengurangi stres yang melambatkan kepikunan.

Mengurangi risiko pikun muda juga perlu memerhatikan asupan nutrisi. Bila berat badan berlebih sebaiknya kurangi dengan membatasi makan. Mengurangi asupan kalori dapat melambatkan kepikunan. Ini disebabkan hormon grelin di lambung merangsang pembentukan sel-sel otak baru.

“Tetapi jangan sampai kekurangan gizi. Makanlah secukupnya,” sambungnya.

Salah satu zat gizi penting untuk kesehatan otak adalah protein. Anda sebaiknya meningkatkan asupan protein dan mengurangi karbohidrat. Sumber protein paling baik terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

Langkah berikutnya yakni hidup dengan bergerak aktif. Anda harus berolahraga secara teratur selama 30 menit per hari sebanyak lima kali sepekan. Tak kalah pentingnya lagi selalu meningkatkan iman dan takwa sehingga stres berkurang.