Ini Sebabnya Kartu Pembayaran Aman [financer]

Ini Sebabnya Kartu Pembayaran Aman

PinkKorset.com, Jakarta – Ada kalanya Anda memerlukan transaksi dengan kartu karena lebih aman daripada menggunakan uang tunai.

Penggunaan uang tunai perlahan tergeser dengan kartu debit maupun kredit. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan kartu pembayaran ini.

Kartu pembayaran dikeluarkan oleh bank penerbit kartu. Tentu saja Anda bisa mendapat rincian catatan pengeluaran dari seluruh aktivitas pembelian. Fitur ini berguna ketika Anda ingin membatalkan transaksi yang tidak sah.

Menggunakan kartu juga lebih praktis dan bebas khawatir. Misalnya ketika Anda kerepotan mengeluarkan uang dari dompet yang besar atau mencolok. Gemerincing uang yang jatuh menjadi perhatian pencuri di sekitar Anda.

Berbeda dengan kartu pembayaran, uang tunai tidak memiliki proteksi sehingga mudah dicuri. Kartu pembayaran dilengkapi EMV chip berisi otentikasi pembayaran dan sistem keamanan ekstra. Alhasil muncul kode transaksi unik yang tidak dapat ditiru. Kode transaksi ini digunakan hanya pada saat titik penjualan tertentu untuk mencegah pencuri menggunakannya kembali pada transaksi lainnya.

Ketika kartu pembayaran Anda hilang atau dicuri, bank memiliki sistem keamanan. Kartu segera diblokir setelah Anda melapor kehilangan atau pencurian kepada pihak bank.

Di sisi lain, kartu pembayaran juga berguna untuk para pelancong alias traveler. Beberapa kartu pembayaran menyediakan asuransi perjalanan, termasuk kecelakaan tunggal, kehilangan barang bawaan maupun penundaan penerbangan.