Chip Silikon Instan Sembuhkan Penyakit

PinkKorset.com – Berbagai macam penyakit kini bisa dipulihkan, hanya dalam sepersekian detik.

Tissue Nanotransfection (TNT) adalah teknologi yang dikembangkan The Ohio State University. Teknologi berbentuk chip silikon sebesar koin ini diklam bisa menyembuhkan organ, hanya dalam sepersekian detik.

Cukup dengan menyuntikkan kode genetik ke dalam sel kulit, ia akan mengubah sel kulit itu menjadi jenis sel lain yang diperlukan untuk mengobati kondisi berpenyakit.

TNT disebutkan bisa menyelamatkan nyawa korban kecelakaan mobil dan menyembuhkan tentara yang terluka di lokasi perang.

Dalam tes yang dilakukan di laboratorium, satu sentuhan TNT bisa memperbaiki kaki tikus yang cedera selama tiga minggu dengan mengubah sel kulit menjadi sel vaskular.

Chandan Sen, direktur Pusat Pengobatan Regeneratif dan Terapi Berbasis Sel, menambahkan bahwa teknologi tidak hanya bekerja pada sel kulit. Namun bisa mengembalikan semua jenis jaringan.

Misalkan saja, tikus yang mengalami stroke. TNT bisa mengembalikan fungsi otak pada tikus dan menumbuhkan sel otak pada kulitnya.

Selain pengobatan sangat singkat, TNT juga tidak memiliki efek samping. “Belum lagi, teknologi ini tidak memerlukan laboratorium atau rumah sakit dan benar-benar bisa dieksekusi di lapangan.”

Saat ini, Sen sedang menunggu persetujuan FDA (Food and Drug Administration) untuk menguji TNT pada manusia pada tahun ini. Jika sukses, maka teknologi ini merupakan terobosan. Sebab, ini adalah sel pertama yang diprogram ulang di tubuh yang hidup.