Jangan Lakukan Ini Saat Wawancara Kerja! [ideal]

Jangan Lakukan Ini Saat Wawancara Kerja!

PinkKorset.com – Mantan perekrut yang pernah bekerja di Merrill Lynch dan kini mendirikan situs SixFigureStart, Connie Thanasoulis-Cerrachio, mengungkapkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pelamar pekerjaan.

Connie, saat ini berprofesi sebagai coach karir, membeberkan tips jitu berdasarkan kesalahan para pelamar yang kerap ia temui. Berikut beberapa diantaranya.

Terlalu Percaya Diri

“Perekrut punya indera keenam yang bisa mengenali saat kandidat mengarang,” kata Connie. Jika Anda lolos penyaringan dan diminta datang untuk wawancara, bersiap-siaplah. Banyak kandidat yang ia rasa cocok tapi gagal karena mereka tak melakukan banyak persiapan dan terlalu percaya diri.

Jangan Remehkan Wawancara By Phone

Banyak perekrut menyaring kandidat potensial melalui panggilan telepon. Pada dasarnya, wawancara by phone adalah ujian open book. Ini kesempatan emas karena Anda bisa ‘nyontek’ catatan. “Kesan baik via telepon akan berpotensi membuat Anda berlanjut ke wawancara tatap muka.

Fokus Pada Hasilnya

Pelamar harusnya mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit terkait kekuatan dan kelemahan mereka. Saat diminta untuk menjelaskan resume mereka, pelamar biasanya mengalami kesulitan. Cara terbaik untuk menjawabnya, kata Connie, adalah to the point, antusias dan positif dengan pencapaian pribadinya.

Jangan Malu Menunjukkan Anda Ingin Pekerjaan Itu

“Sebagai perekrut, saya ingin kandidat yang benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut,” papar Connie. Jika ia hendak melamar si kandidat, Connie ingin seseorang yang akan menerimanya. Setelah menyampaikan rasa tertarik Anda, akhiri wawancara dengan membuat si perekrut tahu Anda akan memberi nilai yang signifikan pada pekerjaan tersebut.